Ingin Bisnis Jangka Panjang Harus Wujudkan 3P Berikut Ini

Ingin Bisnis Jangka Panjang Harus Wujudkan 3P Berikut Ini

by 9 November 2015

Jika Anda ingin berbisnis dalam jangka panjang, maka jangan sekedar berbicara dan berorientasi kepada uang. Ada 3 hal yang membuat perusahaan besar saat ini bisa bertahan dan terus maju.

Hal tersebut adalah sebuah penggalan menarik dari siaran radio pagi ini, sebuah program RadioTalk Smart Motivation with Eloy Zalukhu. Dalam acara tersebut pagi tadi juga menghadirkan Dean IPMI Business School, Prof. Roy Sembel, Ph.D serta CFO Zalora Bp. Frans Budi Pranata. Siaran ini juga mengudara ke hampir seluruh wilayah di Indonesia oleh kurang lebih 21 radio secara serentak.

Radio Talk tersebut sangat menarik, banyak insight baru yang saya dapatkan. Termasuk yang akan saya bahas dibawah ini yakni orientasi bisnis yang jangka panjang. Ada 3P yang harus kita dapatkan dalam bisnis :

  1. Profit

Tentu saja mendapatkan keuntungan merupakan tujuan dalam bisnis. Uang menjadi darah dalam bisnis, ketika tidak ada uang yang berputar dalam bisnis maka tinggal menunggu waktu bisnis tersebut tutup. Maka yang pertama yang memang harus dilakukan adalah memastikan bahwa bisnis yang kita jalankan dapat menghasilkan profit.

  1. People

Sebuah bisnis yang maju akan sejalan dengan kemajuan orang-orang didalamnya. Untuk itu perusahaan perlu memberikan apresiasi dan ikut serta dalam peningkatan kualitas hidup orang banyak. Baik itu orang-orang yang berada di dalam perusahaannya, ataupun orang-orang diluar perusahaannya. Sehingga tujuan bisnisnya tidak lagi hanya berorientasi uang, namun juga menebarkan sebanyak mungkin manfaat bagi orang lain.

Kita lihat bagaimana Zappos memperlakukan karyawannya sehingga tercipta budaya perusahaan yang menyenangkan dengan karyawan yang memiliki motivasi tinggi. Serta bagaimana Bill Gates bersama yayasan ikut berperan serta dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.

  1. Planet

Pada akhirnya bisnis yang terus bertahan dan maju ialah bisnis yang menaruh perhatian dan ikut berperan serta dalam aspek lingkungan (environment). Ia bisa membawa dan menciptakan terobosan baru namun juga tetap bertanggung jawab dan bisa menjaga lingkungan ini agar terus suistanble.

Point kedua dan ketiga sebagian dari kita mungkin membayangkan bahwa hal tersebut bisa menjadi kegiatan yang malah menghabiskan dana. Namun pada kenyataannya jika kita memang bersungguh-sungguh mewujudkannya, maka manfaat dan dampaknya akan sangat baik bagi kemajuan bisnis kita baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Semoga Bermanfaat. Salam Hebat.