5 Tips Mengelola Sosial Media Untuk Brand & Akun Perusahaan

5 Tips Mengelola Sosial Media Untuk Brand & Akun Perusahaan

by 8 November 2015

Saat ini hampir semua perusahaan atau brand memiliki akun di sosial media. Mulai dari brand perusahaan ternama seperti Coca-cola, Danone, BCA, hingga berbagai brand UKM yang kiprahnya semakin menggeliat. Tidak lain dan tidak bukan hal itu dilakukan untuk beragam tujuan yang menguntungkan perusahaan.

Namun menggunakan akun perusahaan jelas sangat berbeda sekali cara dan perlakuannya dengan akun pribadi. Kita tidak bisa menyebarkan konten ataupun berinteraksi dengan audiens dengan sembarangan. Karena akun sosial media tersebut tentunya akan mewakili dan membentuk brand image dari perusahaan itu sendiri. Mulai dari tampilan akun, konten, hingga interaksi tentu haruslah sesuai dengan jiwa dari brand image perusahaan itu sendiri.

BACA:

Biasanya sebuah perusahaan atau brand yang sudah mapan, akan rela menghabiskan sejumlah dana dengan bekerjasama dengan digital agency untuk pengelolaan sosial media. Sehingga hasil dari aktivasi yang dilakukan lebih profesional dan powerfull.

Namun bagi Anda yang saat ini masih membangun perusahaan Anda, tak perlu khawatir karena pada dasarnya mengelola akun sosial media untuk brand dan perusahaan memiliki prinsip yang sederhana. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika menggunakan atau mengelola aku sosial media untuk perusahaan Anda.

  1. Look Interesting

Berikan sesuatu yang menarik audiens untuk mengikuti dan berinteraksi dengan akun sosial media brand atau perusahaan Anda. Mulai dari desain profil, konten yang dibagikan hingga gaya bahasa yang digunakan. Menarik disini tentunya sangat relativ, tergantung siapa target audiens Anda.

  1. Usefull And Shareable

Memperdalam soal konten, buat dan bagikanlah konten yang bermanfaat, info dan isu menarik, hingga permasalahan yang dihadapi audiens. Kemaslah dengan baik sehingga mereka tak hanya mengkonsumsi konten tersebut untuk dirinya, namun juga membagikannya kepada teman atua audiens yang ia miliki. Ketika viralitas positif terjadi tentu akan berdampak positif juga bagi brand dan perusahaan Anda.

  1. Engage Your Audience

Sebagaimana esensi dari sosial media itu adalah berjejaring dan melakukan komunikasi. Maka seharusnya sosial media digunakan untuk membangun komunikasi 2 arah antara perusahaan dan konsumen dengan lebih mudah dan cepat. Semakin mereka merasa dekat mereka akan terikat dan loyal dengan brand kita.

  1. Dont Sell

Meskipun tujuan dari membuka akun sosial media perusahaan adalah bagian dari pemasaran yang ujung-ujungnya berharap terjadi penjualan.Jangan terjebak untuk melakukan selling terlebih yang terlalu hard dan terlampau sering. Tidak ada yang salah dengan menjual namun jika salah langkah audiens Anda akan tidak nyaman dan akhirnya mencederai brand image perusahaan Anda.

  1. Create Needs

Daripada menggombali dan menjejali audiens dengan beragam penawaran yang menggangu mereka. Lebih baik ciptakan konten yang menggelitik, menarik dan membuat mereka merasa butuh pada produk, brand atau perusahaan kita. Karena terkadang seseorang bukan tidak tertarik pada produk yang kita tawarkan namun ia hanya belum sadar bahwa ia membutuhkannya.

Demikian tips kali ini. Semoga Bermanfaat.

Salam Hebat.