3 Dimensi Networking Yang Dimiliki Pengusaha Sukses

3 Dimensi Networking Yang Dimiliki Pengusaha Sukses

by 5 November 2015

Kita semua pasti tahu dan paham akan penting dan manfaat dari networking bagi kemajuan bisnis. Bahkan seorang pebisnis pernah mengatakan bahwa kemajuan sebuah bisnis itu sejalan dengan semakin banyak jaringan atau network yang kita miliki, apapun jenis bisnisnya.

Dalam ajaran agama mungkin kita juga pernah mendengar bahwa “Memperpanjang silaturahim (red: networking) dapat mendatangkan rezeki”. Karena memang dengan memiliki network yang berkualitas, banyak hal yang dapat dilakukan dan mendatangkan manfaat bagi bisnis dan pribadi kita. Mulai dari adanya kerjasama, akses informasi yang lebih cepat, lead customer, peluang baru atau minimalnya adalah eksistensi dari bisnis kita yang semakin dikenal dan dihargai.

BACA: Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Dengan 3 Hal Ini

Sehingga tidak salah jika network menjadi leverage atau daya ungkit yang luar biasa untuk pertumbuhan bisnis kita. Namun kepada siapa dan dimana saja kita harus melakukan networking?.

Berikut ini 3 Dimensi Networking yang harus kita miliki :

  1. Networking Ke Belakang

Ialah perluasan jaringan atau relasi ke orang atau pihak yang berkaitan atau mendukung terselenggaranya bisnis kita. Misalkan saja jaringan suplayer, konsultan, pemerintah dan berbagai pihak lainnya. Dengan memiliki hubungan baik serta jaringan yang luas dengan mereka tentu memiliki banyak manfaat. Selain memiliki banyak referensi tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan harga atau pelayanan khusus untuk bisnis kita.

  1. Networking ke depan

Ialah memperluas jaringan kepada orang-orang yang berpotensi menjadi customer kita. Networking yang luas serta hubungan yang baik dapat mengubah calon pembeli menjadi pembeli, dan yang sudah membeli menjadi pelanggan dan bahkan pelanggan tersebut merekomendasikan bisnis kita. Networking ke depan bisa dengan mengikuti komunitas atau perkumpulan yang diikuti oleh target customer kita atau bisa juga kita yang membangun komunitas atau wadah berkumpul mereka.

  1. Networking ke samping

Memperluas jaringan atau relasi ke orang, pihak atau perusahaan lainnya baik itu sejenis maupun tidak sejenis. Dalam bisnis jelas ada kompetisi, namun bukan berarti kita harus membenci kompetitor. Justru dalam kebanyakan kasus kompetitor harus dimaknai sebagai  teman untuk bertumbuh. Bukan tidak mungkin akan terjadi kolaborasi atau kerjasama yang saling menguatkan antara kita dengan bisnis yang sejenis maupun berbeda dengan bisnis kita.

Jika kita cermati lagi ketiga dimensi yang disebutkan tadi, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan ialah networking tidak hanya berbicara tentang seberapa luas dan seberapa banyak orang atau pihak yang Anda kenal. Namun seberapa berkualitas hubungan dari netwrok yang sudah Anda miliki tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan network yang berkualitas? Salah satu yang biasa saya lakukan ialah dengan mengikuti komunitas dan seminar-seminar yang berkualitas. Menyadari hal tersebut, Harian Bernas pun ingin ikut andil dalam pertumbuhan bisnis Anda. Dengan menyelenggarakan seminar yang luar biasa dan langka “The Crisis Winner”.

Untitled-1

Selain mendatangkan pembicara yang merupakan guru bagi banyak pengusaha sukses di Indonesia. Seminar ini juga akan akan dihadiri oleh pengusaha dan berbagai kalangan yang akan menjadi network yang sangat berkualitas bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Bangun network sekarang juga di setiap kesempatan.

Salam Hebat.