Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Dengan 3 Hal Ini

Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Dengan 3 Hal Ini

by 4 November 2015

Banyak motivator ataupun praktisi bisnis yang menyarankan dan mendorong kita untuk memulai bisnis dengan segera. Tanpa tapi dan tanpa nanti, artinya bisnis bisa kita mulai saat ini juga dengan sumber daya apapun yang kita miliki. Dan dampaknya luar biasa, tak sedikit pengusaha baru muncul dengan beragam bisnis dan produk yang ditawarkan.

Namun seiring berjalannya bisnis, tak sedikit pengusaha yang berjatuhan atau gagal dalam menjalankan bisnis karena beragam hal. Dan hanya sedikit saja pengusaha yang akhirnya terus eksis dan berdiri hingga saat ini. Mereka adalah bisnis-bisnis yang selalu berinovasi dan bertumbuh.

Seorang pembicara dalam sebuah seminar pernah mengatakan bahwa “satu-satunya cara untuk bertahan dalam bisnis ialah bertumbuh”. Jangan bangga ketika bisnis Anda berjalan stabil, karena perbedaannya sangat tipis dengan stagnan. Segeralah beranjak dan kembangkan bisnis Anda lebih maju dan bertumbuh. Ada 3 hal yang dapat mendongkrak pertumbuhan bisnis :

Modal

Untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis, kita perlu melakukan strategi, inovasi atau terobosan baru dalam bisnis kita. Mulai dari peningkatan kapasitas produksi dan layanan, penambahan infrastruktur, investasi alat hingga biaya pemasaran, branding dan sebagainya. Dan hal ini tentu memerlukan kemampuan finansial yang cukup. Sehingga biasanya sebuah bisnis perlu mendapatkan tambahan dana untuk dapat melakukan hal-hal tadi.

BACA: Cara Medapatkan Modal Selain Berhutang

Teknologi

Kemajuan teknologi tidak diragukan lagi perannya untuk pertumbuhan bisnis. Ia mampu menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam proses bisnis. Jika suatu proses bisnis dulunya harus dikerjakan atau selesai dalam sehari, kini beberapa menit atau jam bisa selesai. Kita lihat bagaimana teknologi memudahkan kita menjangkau, memasarkan dan bertransaksi dengan orang-orang yang lokasinya jauh dari posisi kita saat ini. Maka bergandenganlah dengan teknologi dan jadilah bisnis yang terus bertumbuh.

Network

Jaringan atau relasi yang kita miliki. Ini adalah tools yang paling mudah dan efektif yang kita miliki untuk menigkatkan pertumbuhan bisnis kita. Dalam banyak kasus baik disadari atau tidak, sebuah bisnis akan berkembang seiring dengan semakin luas dan berkualitasnya hubungan network yang dimiliki bisnis maupun pemiliknya.

Network yang dimaksud ini bisa bermakna luas, mulai dari jaringan konsumen yang kita miliki saat ini, jaringan partner usaha, jaringan pemodal, dan sebagainya. Dan seringkali ketika network ini telah kita miliki, kedua tools pendongkrak bisnis lainnya akan lebih mudah kita dapatkan.

BACA: 30 Detik Mendapatkan Relasi Baru

Bagaimana cara mendapatkan network yang berkualitas? Salah satu yang biasa saya lakukan ialah dengan mengikuti komunitas dan seminar-seminar yang berkualitas. Menyadari hal tersebut, Harian Bernas pun ingin ikut andil dalam pertumbuhan bisnis Anda. Dengan menyelenggarakan seminar yang luar biasa dan langka “The Crisis Winner”

Untitled-1

Selain mendatangkan pembicara yang merupakan guru bagi banyak pengusaha sukses di Indonesia. Seminar ini juga akan akan dihadiri oleh pengusaha dan berbagai kalangan yang akan menjadi network yang sangat berkualitas bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Sampai Jumpa di acara nanti

Salam Hebat.