3 Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Dalam Pertumbuhan Bisnis

3 Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Dalam Pertumbuhan Bisnis

by 3 November 2015

Sudah memulai sebuah bisnis? Saya ucapkan selamat atas langkah besar yang sudah Anda lakukan. Dan kini bersiaplah untuk menjalani langkah demi langkah menuju fase pertumbuhan dalam bisnis atau perusahaan Anda. Tentu semua orang berharap dan memiliki visi agar bisnisnya terus bertumbuh dan besar.

BACA: Tips Memilih Berdasarkan Skala Bisnisnya

Namun tahukah Anda bahwa tak sedikit usaha yang gagal disaat bisnis mereka akan atau sedang bertumbuh?. Ya, pertumbuhan bisnis yang dialaminya tidak dapat dikendalikan atau dikelola dengan baik. Biasanya terjadi karena bisnis tersebut salah langkah atau tidak mampu mengelola pertumbuhan bisnis tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya, ada 3 tantangan yang akan atau harus kita hadapi saat bisnis mengalami pertumbuhan :

  1. Sumber Daya Manusia

Dalam bisnis apapun baik itu produk atau jasa, sumber daya manusia adalah kunci utama dalam bisnis. Bagaimana jumlah dan kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia dalam bisnis kita mampu memenuhi permintaan atau target yang ditetapkan. Saat bisnsi bertumbuh, kebutuhan akan sumber daya manusia akan bertambah dan atau perlu ditingkatkan kualitasnya. Cermatlah dalam memilih sumber daya manusia baik itu karyawan maupun partner karena akan cukup menentukan jalannya bisnis kita.

  1. Dinamika Pasar/Market

Pergerakan pasar akan sangat mempengaruhi bisnis. Misalkan saja produk atau jasa Anda ditujukan untuk target pasar menengah ke atas. Maka di saat jumlah penduduk menengah ke atas, maka bisnis kita juga akan terkena imbasnya. Pasar menjadi lebih besar dan permintaan pun akan besar.

BACA: Strategi Gojek Menghadapi Pertumbuhan Bisnis

  1. Akses Modal

Terakhir ialah tantangan dari sisi finansial. Bisnis sekecil apapun membutuhkan modal apalagi bisnis yang sedang bertumbuh. Terkadang dana kas atau modal dalam perusahaan belum cukup untuk membiayai scale up bisnis kita. Disitulah kita membutuhkan leverage baik itu dalam bentuk investasi, hutang, penambahan modal baik dari dalam atau luar bisnis kita. Namun kabar baiknya, biasanya modal justru akan mengejar, datang dan menawarakn diri untuk mendanai bisnis kita, ketika kedua point diatas dapat kita penuhi. Yakni SDM yang mumpuni serta pasar yang siap menerima.

Ketiga tantangan ini akan datang dengan sendirinya seiring berjalannya bisnis. Dan atau bisa juga kita sendiri yang menciptakan tantangan tersebut agar terjadi pertumbuhan dalam bisnis kita. Artinya agar bisnis kita bertumbuh kita siapkan SDM yang berkualitas, perluas pasar dan perbesar modal.

Untuk menutup artikel kali ini saya mengutip sebuah quotes menarik tentang pertumbuhan bisnis

“Starting Up Is One Thing, But Scaling Up Is The Completely Different More Game” -Sandiaga Uno

Salam Hebat.