Selain Jadi Pembeli, Inilah 3 Peran Pelanggan Dalam Pengembangan Bisnis

Selain Jadi Pembeli, Inilah 3 Peran Pelanggan Dalam Pengembangan Bisnis

by 29 October 2015

Kita semua sepakat bahwa peran seorang pembeli atau pelanggan dalam perusahaan sangat besar. Merekalah orang yang akhirnya mau menukarkan uang mereka untuk mendapatkan manfaat yang kita berikan. Dan dari uang merekalah roda bisnis kita berputar.

Bahkan seorang pakar pemasaran dan manajemen, yaitu Peter Drucker mengatakan bahwa

“The Purpose of business is to create and keep a customer” Peter Drucker

Namun ternyata saat ini peran seorang pelanggan tidak hanya berhenti sampai pada proses jual beli. Mereka  juga berperan penting dalam pengembangan bisnis kita. Pelanggan adalah sumber informasi, inspirasi dan sekaligus inovasi dalam bisnis kita. Karena dari ketiga hal tersebut kita bisa menentukan langkah, strategi bisnis, terobosan baru dan atau target apa yang harus di capai perusahaan ke depannya.

Sebagai sumber informasi, pelanggan dapat memberikan insight baru dan membukakan peluang baru. Seiring berjalannya bisnis kita, biasanya kita akan mulai menyadari atau dapat mengidentifikasi sosok target pasar bisnis kita. Nah dari target pasar tersebut kita bisa menelusuri lebih dalam tentang kehidupan mereka, dan pada akhirnya menemukan kebutuhan atau masalah lain yang mereka hadapi.

Sebagai Sumber Inspirasi. Ketika kita sudah mengenal betul siapa target pasar atau pelanggan Anda. Kita dapat melihat dan menemukan hal-hal baru dari pelanggan kita. Dan seringkali itu memberikan inspirasi atau ide-ide baru yang muncul baik dari segi produk, pemasaran, pelayanan dan sebagainya.

BACA: Macam-Macam Inovasi Dalam Bisnis

Sebagai sumber inovasi. Pada akhirnya setelah kita mengumpulkan informasi dan mendapatkan inspirasi dari pelanggan, kita akan tahu apa yang harus dilakukan, diubah atau dikembangkan dari apa yang sudah ada. Itulah mengapa pelanggan bisa menjadi sumber inovasi bagi bisnis kita.

Punya Ide Inovasi Bisnis? Daftarkan Di Ide Hebat Competition 2015 !

Menariknya mengembangkan bisnis yang terinpirasi dari pelanggan, membuat kita terus bertumbuh bersama pelanggan yang kita miliki. Berbeda jika kita membuat sebuah produk dengan target pasar atau calon pelanggan yang baru. Kita akan memulai dari nol lagi untuk mendapatkan pelanggan baru untuk produk/inovasi tersebut.

Misalkan untuk inovasi pengembangan produk, jika kita memiliki usaha sabun mandi, tentu akan lebih mudah mengembangkan usaha dengan meluncurkan produk kecantikan daripada kita membuka usaha restoran.

Begitupun inovasi dalam hal pemasaran dan aspek lainnya. Jangan hanya karena ada sebuah produk yang laris manis dan booming lalu secara mentah kita meniru menggunakan teknik atau media yang sama. Padahal target pasar yang kita miliki berbeda dengan produk yang tiba-tiba booming tersebut.

Jika ada sebuah slogan, Dari Pelanggan Untuk Pelanggan. Mungkin itu sedikit bisa menggambarkan peran mereka dalam pengembangan bisnis di perusahaan kita.

Demikian artikel ini. Salam Hebat.