Bukan Hanya Produk, Inovasi Juga Perlu Dilakukan di 8 Hal Ini

Bukan Hanya Produk, Inovasi Juga Perlu Dilakukan di 8 Hal Ini

by 28 October 2015

Selama ini kata inovasi dalam pandangan dan pemikiran kita  identik dengan produk dan teknologi baru. Tidak salah memang namun dalam cakupan inovasi bisnis secara keseluruhan, inovasi produk baru menyentuh salah satu dari beberapa inovasi yang bisa dilakukan dalam sebuah bisnis.

Kita semua pasti sudah paham betul akan pentingnya inovasi dalam bisnis. Kita lihat bagaimana Steve Jobs bisa merajai bisnis teknologi karena inovasinya yang luar biasa. Dan sebaliknya kita pun tahu bagaimana sebuah perusahaan produsen handphone yang beberapa tahun lalu berjaya kini meredup bahkan nyaris bangkrut, karena tertinggal oleh inovasi.

Namun ternyata, dalam bisnis kita tak hanya harus melakukan inovasi produk. Inovasi dalam beberapa aspek di bisnis ini juga akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis kita. Di rangkum dari laman entrepreneur com. Inilah 9 tipe inovasi yang harus dilakukan dalam bisnis.

  1. Inovasi Profit Model

Ialah inovasi yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan menghasilkan keuntungan. Misalkan kita berjualan suplemen fitness selain dari mendapat untung dari penjualan produk langsung, kita juga bisa berinovasi dengan menarik profit biaya konsultasi tambahan, iklan produk dari perusahaan suplemen, sewa tempat dan sebagainya.

  1. Inovasi Rantai Produksi

Inovasi yang dilakukan mengubah rantai produksi. Hal ini bisa berdampak pada efisiensi perusahaan sekaligus pada produk yang dihasilkan itu sendiri. Misalkan membuat sistem proses produksi Just In Time, membangun jaringan suplayer/key partner dan sebagainya.

  1. Inovasi Manajemen

Inovasi yang dilakukan dalam internal perusahaan itu sendiri secara struktur, garis koordinasi sampai target yang diberikan kepada masing-masing divisi agar kinerja perusahaan lebih baik, efisien dan produktif.

  1. Inovasi Produk

Inovasi yang berkaitan dengan penciptaan sebuah produk , pemberian nilai tambah dan diferensiasi hingga perbaikan atau penyempurnaan dari produk yang ada sebelumnya.

  1. Inovasi Penawaran

Bagaimana perusahaan menyampaikan value dari produk yang kita jual dengan cara dan konten penawaran yang baru dan menarik bagi konsumen.

  1. Inovasi Servis

Inovasi yang dilakukan dalam ranah pelayanan pelanggan pelanggan.

  1. Inovasil Chanell

Inovasi dalam pemilihan chanell atau media pemasaran. Misalkan yang awalnya offline, kini berinovasi dengan membuka chanell di sosial media dan website.

  1. Inovasi Brand

Inovasi dalam menanamkan positioning dan citra dari dari nama/brand produk dari perusahaan kita

  1. Inovasi Customer Engagement

Adalah segala cara yang dilakukan untuk menngikat dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Itulah dia 9 Inovasi yang bisa kita lakukan dalam bisnis. Pada intinya inovasi dapat dilakukan hamir di semua pilar bisnis.

BACA: 4 PILAR Dalam Menjalankan Bisnis

Salam Hebat.