Masih Muda Pengen Jadi Pengusaha? Ini Caranya

Masih Muda Pengen Jadi Pengusaha? Ini Caranya

by 27 October 2015

Menjadi pengusaha muda adalah tren postif di kalangan anak muda saat ini. Meskipun memiliki umur yang masih belia bukan berarti tidak bisa mendiri dan berkarya. Sudah banyak contohnya anak muda Indonesia yang sukses berbisnis di berbagai bidang usaha. Dan menariknya mereka memulai bisnisnya itu saat masih duduk di bangku SMA.

Sebut saja diantaranya seperti Yasa Singgih, Hamzah Izulhaq, Nicholas dan beberapa pengusaha muda lainnya yang sempat diundang ke acara televisi. Namun dibalik itu masih banyak dan terus bermunculan sosok anak muda yang sukses berwirausaha, dan bahkan mungkin mereka ada di sekitar kita.

Menjadi seorang pengusaha memang salah satu profesi yang tidak memerlukan syarat akademis, umur atau sertikasi tertentu. Siapapun, umur berapapun dengan latar belakang apapun bisa menjadi seorang pengusaha. Tinggal bagaimana cara dia membangun dan menjalankan usaha tersebut.

Begitupun kamu yang saat ini masih duduk dibangku SMA. Di masa-masa ini kita mempunyai energi, kreatifitas dan kesempatan yang lebih besar untuk menjadi seorang pengusaha. Tinggal biasanya di masa ini kita akan dihadapkan dengan tantangan permodalan untuk mewujudkan usaha tersebut.

Namun tentu saja dimana ada kemauan disitu ada jalan. Belajar dari kesukses para pengusaha muda diatas, kurang lebih ada 5 cara mendapatkan modal yang bisa dilakukan oleh kita yang masih duduk di bangku SMA :

Pertama, Tabungan pribadi

Tentu saja hal ini hanya berlaku dan bisa dilakukan bagi kamu yang punya tabungan dan rajin mengisinya sehingga dana tabungan tersebut cukup untuk digunakan sebagai modal bisnis.

Kedua, Menjual Barang

Kamu bisa juga mengumpulkan modal usaha dengan menjual  barang pribadi seperti baju, asesoris, mainan atau barang lainnya yang sudah tidak digunakan lagi atau dengan sukarela kamu jual.

Ketiga,  Patungan

Membangun bisnis bersama, dana yang sedikit jika digabungkan dari beberapa orang bisa jadi banyak dan cukup untuk modal usaha. Hanya saja itu artinya kita juga harus rela berbagi keuntungan dan menanggung kerugian bersama-sama.

Keempat, Pinjaman

Untuk mendapatkan modal kita bisa meminjam dari orang tua, teman, saudara dan sebagainya. Namun hal ini tidak saya rekomendasikan, apalagi meminjam modal ke bank atau kreditur lainnya. Selain memang belum mencukupi persyaratan. Hal ini cukup beresiko untuk dilakukan anak SMA.

Kelima, Mainkan Arus Kas

Menggunakan trik ini harus kreatif sekaligus teliti. Karena intinya adalah mengatur arus keuangan sehingga bagaimana caranya kita bisa berbisnis namun tidak menggunakan modal pribadi secara langsung. Misalkan meminta DP terlebih dulu dari pembeli. Atau negosiasi ke suplayer  agar  bisa bayar mundur.

Kelima, Ikut Perlombaan

Cara ini adalah cara yang paling saya sukai. Karena paling minim resiko, mudah dilakukan namun memberikan efek dan manfaat yang sangat besar untuk bisnis kita. Saat ini cukup banyak lembaga atau organiasasi yang menyelenggarakan perlombaan kewirausahaan seperti ide bisnis atau business plan untuk tingkat SMA/SMK/Se-derajat yang bisa kita ikuti.

Selain mendapatkan uang tunai sebagai hadiah yang bisa kita jadikan modal usaha. Dengan mengikuti perlombaan, ide bisnis yang kita miliki juga akan mendapatkan perhatian dan nilai tambah yang lebih. Belum lagi, dengan memenangkan sebuah lomba kita juga akan turut mengharumkan nama sekolah, orang tua dan pribadi kita masing-masing.

Dan kabar gembiranya adalah Dalam rangka ulang tahun Bernas yang ke 69, Hebat Group yang bekerjasama dengan UD Muncul Group tengah mengadakan lomba business plan yang ditujukan untuk siswa-siswi SMA/SMK/Se-derajat di seluruh Indonesia bertajuk Ide Hebat Competition.

Ide Hebat Competition1

Menariknya lagi, selain akan mendapatkan hadiah total uang tunai sebesar Rp. 22.500.000 untuk 3 tim terbaik. Pemenang dari lomba Ide Hebat Competition ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk dimentori langsung oleh STIEBBANK Yogyakarta agar bisa merealisasikan ide bisnis yang dilombakan tersebut.

Tunggu apalagi, Segera Daftarkan Tim Anda mengikuti Ide Hebat Competition 2015 dan Realiasaikan Ide BisnisMu!

 

NB :Informasi lengkap kompetisi ini

Nindy 0897 4557 559

www.IdeHebatCompetition.com

 

Sumber : Harian Bernas Remaja

Related Entrepreneur Articles

Similar Posts From Entrepreneur Category