Jangan Remehkan Ide Bisnis Rumahan, 4 Perusahaan Dunia Ini Bukti Suksesnya

Jangan Remehkan Ide Bisnis Rumahan, 4 Perusahaan Dunia Ini Bukti Suksesnya

by 25 October 2015

Ketika memiliki sebuah ide bisnis yang besar kita seringkali langsung terbayang akan kondisi perusahaan yang besar, mewah dan berjalan dengan baik. Tidak salah sebenarnya karena memang seperti itulah seharusnya, kita harus memiliki impian dan visi yang besar. Namun pertanyaan penting selanjutnya adalah dari mana kita akan mulai mewujudkan ide bisnis besar tersebut?.

Think Big, Start Small

Quotes yang  mendunia ini mungkin bisa jadi inspirasi kita bahwa ide bisnis besar memang seringkali dimulai dari hal kecil.  Tak sedikit perusahaan besar yang ada saat ini mulai membangun bisnisnya dari hal kecil.Yaitu rumah mereka.

Kita ambil contoh 4  perusahaan dunia dibawah ini. Dibalik nama besar yang mereka miliki saat ini ternyata perusahaan ini mulai mewujudkan ide bisnisnya dari rumah mereka. Siapa sajakah ?

  1. Apple

Kesuksesan Apple dan sosok Steve Jobs yang inspirasional tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Bahkan kisah suksesnya sudah di filmkan dan tayang di berbagai negara di dunia. Dan sepertinya kita semua jugs sudah tahu bahwa Steve Jobs bersama sahabatnya Wozniak memulai bisnis ini garasi kecil dirumahnya. Namun kini kita bisa bayangkan berapa luas kantor dan pabrik produksi Apple?.

Baca Juga : Jurus Ampuh Negosiasi Ala Steve Jobs

  1. Amazon

Siapa sangka ecommerce yang awalnya hanya toko buku online, ide bisnisnya kita berkembang dan menjadi perusahaan retailler online raksasa dunia. Jeff Bezos pendiri sekaligus CEO Amazon ini tentu sudah memiliki visi dan tujuan yang jelas untuk sampai titik ini. Namun tahukah Anda bahwa di tahun 1994 Amazon mulai berselayar di bisnis online dari ruangan kecil di rumahnya?.

  1. Google

Siapa yang tak tahu perusahaan internet yang satu ini. Hampir setiap kali kita mengakses internet pasti akan terhubung dengan mereka. Namun sepertinya hanya sedikit orang yang tahu bahwa Larry Page dan Sergey Bin, belasan tahun yang lalu membangun ide bisnis Google dari garasi rumahnya Larry. Saking kecilnya, dulu mereka sempat ingin menjual perusahaannya dengan harga US$1 juta. Untung hal tersebut tidak terjadi, karena saat ini pendapatan Google saja sudah mencapai US$ 50Milyar.

  1. Disney

Kalau Anda mengenal Mickey Mouse, Donal Duck dan berbagai macam serial kartun animasi lainnya, tentu Anda juga akan mengenal perusahaan yang memproduksinya yaitu Disney dan pendirinya Walt Disney. Perusahaan legendaris yang kini menjadi raksasa bidang entertainmet khususnya kartun ini juga dimulai Walt Disney dari garasi rumahnya pada tahun 1923 silam.

Baca Juga : 3 Pelajaran Penting Dari 60 Tahun Kesuksesan Disney

Nah itu dia keempat perusahaan dunia yang memulai ide bisnisnya dari rumahan. Jadi, jangan remehkan atau berkecil hati jika Anda saat ini tengah membangun bisnis dengan skala rumahan dengan fasilitas dan sumberdaya seadanya. Karena bukan tidak mungkin justru itulah yang akan menjadi cerita sukses Anda nantinya.

Salam Hebat.