Inilah Teknik Mendapatkan Modal Bisnis Selain Dengan Berhutang

Inilah Teknik Mendapatkan Modal Bisnis Selain Dengan Berhutang

by 22 October 2015

Modal seringkali menjadi salah satu kendala seseorang dalam memulai sebuah bisnis. Memang harus kita akui bisnis sekecil apapun pasti memerlukan modal untuk melakukannya. Namun bukan berarti ketiadaan modal menjadi penghalang kita untuk tidak memperjuangkan ide bisnis yang kita miliki.

Berhutang atau melakukan pinjaman menjadi salah satu solusi permodalan yang umumnya dilakukan para pebisnis. Namun mengajukan pinjaman baik itu kepada perbankan, lembaga kredit, keluarga, teman dekat atau relasi lainnya tidak semudah yang dibayangkan. Proses untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut biasanya mensyaratkan banyak hal.

Atau ada juga beberapa tipekal orang memiliki prinsip atau alasan tertentu yang membuat mereka enggan atau menghindari hutang. Beberapa dari kita mungkin memiliki pertimbagan dan kekhawatiran bahwa jika hutang tersebut tidak sanggup dikembalikan akan berdampak buruk. Mulai dari kredit macet di bank, sampai rusaknya hubungan keluarga atau teman.

Berhutang atau meminjam dana kepada orang atau pihak lain memang memiliki resiko yang cukup besar, terlebih jika bisnis yang jalankan belum terbukti hasilnya. Nah untuk itu mungkin kita bisa mencoba beberapa alternatif permodalan lainnya selain berhutang seperti :

Kerjasama

Berbeda dengan hutang/pinjaman, dalam kerjasama kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur hak dan kewajiban kita. Misalkan kita hanya harus membayar atau memberikan kontrapertasi lainnya kepada partner bisnis kita, ketika bisnis tersebut sudah berjalan dan menghasilkan. Temui orang-orang atau pihak yang dapat memberikan bantuan dan atau melengkapi kekurangan sumberdaya yang kita miliki. Ajukan kerjasama dan bernegosiasilah.

Perlombaan

Cara ini adalah salah satu cara yang paling menarik untuk dijalankan. Selain berpeluang mendapatkan uang atau hadiah lainnya yang bisa dijadikan modal. Dalam perlombaan ide bisnis atau semacamnya kita bisa sekaligus mevalidasi ide bisnis kita. Apakah bisnis kita menarik dan feasible dimata juri? karena biasanya juri dalam kompetisis bisnis merupakan pakar dan memiliki pengalaman di dunia usaha. Sehingga kita bisa sekaligus menyerap masukan positif untuk bisnis kita.

Terlebih jika kita berhasil menang. Selain mendapatkan uang sebagai tambahan modal. Bisnis, ide bahkan personal branding kita jadi lebih terangkat nilainya. Sehingga kita akan merasa lebih percaya diri dan memiliki daya tawar dalam membangun dan mengembangkan bisnis tersebut.

Dan dalam rangka ulang tahunnya yang ke 69 Harian Bernas akan mengadakan kompetisi bisnis plan bertajuk Ide Hebat Competition 2015. Tak hanya mendapatkan hadiah uang tunai, pemenang kompetisi ini akan di mentori oleh STIEBBANK untuk merealisasikan ide bisnisnya.

Ide Hebat Competition1

Bagi Anda yang masih SMA/SMK dan Se-derajat jangan lewatkan kompetisi ini ikuti dan jadilah entrepreneur muda selanjutnya. Dan bagi Anda yang tidak termasuk kriteria dalam lomba tersebut, jangan menyerah karena masih banyak kompetisi bisnis lainya. Tak lupa mohon sebarkan informasi Ide Hebat Competition 2015 kepada sanak saudara, teman ataupun adik kelas kita yang masih SMA/SMK karena bisa jadi dari rekomendasi kita akan lahir entrepreneur muda  baru yang akan memajukan Indonesia.

Salam hebat.