Bangunlah 4 Pilar Menjadi Pemimpin Hebat Berikut Ini

Bangunlah 4 Pilar Menjadi Pemimpin Hebat Berikut Ini

by 21 October 2015

Data menarik kembali diumumkan oleh U.S Small Business Association, mereka menyatakan bahwa sekitar 540.000 bisnis baru yang muncul setiap bulan setengahnya tutup dalam jangka waktu 5 tahun dan 70 % dari sisanya juga mati sebelum mencapai tahun kesepuluh.

Menariknya lagi setelah di telusuri lebih dalam penyebab kegagalan bisnis mereka ternyata bukanlah karena ketiadaan modal, persaingan yang ketat, krisis ekonomi dan lain sebagainya. Dalam riset yang mereka lakukan menunjukan bahwa kegagalan tersebut lebih dikarenakan lemahnya kepemimpinan dalam organisasi bisnis tersebut.

Memulai bisnis bisa kita lakukan seorang diri, namun untuk berkembang lebih maju lagi kita memerlukan tim dan orang-orang yang bisa membantu kita. Dan hal ini membutuhkan kepimpinan yang baik. Bagaimana Anda sebagai pemilik dan pemimpin bisnis bisa mengajak, mengatur, dan mempengaruhi tim Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang Anda inginkan.

Masih dari halaman yang sama mereka juga memberikan 4 pilar yang bisa kita jadikan acuan untuk menjadi pemimpin yang lebih baik :

  1. Bina Karyawan atau Tim Anda

Kualifikasi kemampuan dan kemauan adalah hal biasanya menjadi pertimbangan penting saat merekrut karyawan dan tim. Namun jangan hanya ingin menerima “jadinya saja”. Kita tetap mesti membina dan melatih karyawan baik dari segi kompetensi dan motivasinya. Jadikan perusahaan sebagai ruang untuk mereka bertumbuh di perusahaan kita baik dari segi karir, pribadi dan kehidupannya.

  1. Share The Plan

Merekrut pegawai atau seseorang sebagai tim Anda bukan sekedar transaksi uang dan tenaga. Menjadi pemimpian tidak selesai hanya dengan memberikan sedikit arahan dan list pekerjaan yang harus dilakukan lalu. Anda perlu sampaikan tujuan dan rencana Anda kepada tim Anda. Ceritakan dan buat mereka ikut benar-benar merasa memiliki perusahaan  tersebut dan ikut berjuang bersama Anda. Dan bukan tidak mungkin mereka rela mengeluarkan seluruh kemampuan mereka lebih dari apa yang ditugaskan, demi tercapainya tujuan perusahaan.

  1. Apresiasi dan Perhatian

Sudah menjadi kebutuhan dan sifat manusia senang diperhatikan. Ia akan merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk bekerja ketika diberi perhatian dan apresiasi. Namun tentu saja sebagai pemimpin Anda memberikan perhatian dan apresiasi yang sewajarnya serta adil kepada seluruh karyawan dan tim Anda.

  1. Keep In Touch

Sebisa mungkin kita harus memiliki hubungan dan komunikasi yang dekat dengan karyawan tim Anda. Selain memudahkan koordinasi, hal ini akan meningkatkan kebersamaan dan daya juang untuk mencapai tujuan bisnis. Bukan berarti Anda harus selalu ada di sekitar tim Anda setiap saat. Namun dalam hal ini lebih menekankan hubungan dan komunikasi yang lebih dekat, mudah dan nyaman dilakukan. Adanya teknologi saat ini sangat memudahkan kita untuk tetap keep in touch dengan tim kita, meskipun terpisah jarak dan anggota tim yang banyak.

Dan pada akhirnya seorang pemimpin yang hebat ialah mereka yang bisa melahirkan pemimpin selanjutnya. Itulah salah satu rahasia perusahaan-perusahaan yang mampu bertahan puluhan tahun meskipun dihantam dengan berbagai tantangan dan krisis. Karena mereka mampu menciptakan pemimpin-pemimpin hebat di perusahaannya.

Siapkah Anda menjadi pemimpin hebat selanjutnya?

Salam Hebat.