Beginilah 5 Cara Orang Sukses Menyikapi Kompetisi Yang Semakin Ketat

Beginilah 5 Cara Orang Sukses Menyikapi Kompetisi Yang Semakin Ketat

by 20 October 2015

Berkompetisi? Mendengarkan kata tersebut sebagian dari kita nampaknya masih membayangkan bahwa kompetisi adalah kondisi dimana orang saling berebut dan saling sikut demi suatu hal. Berkompetisi masih dipresepsikan sebagai suatu ajang mengelompokan mana yang baik mana yang buruk, mana yang kuat mana yang lemah,  dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari kita merasa takut dan sebisa mungkin memilih untuk menghindari persaingan atau kompetisi.

Padahal kelahiran kita di dunia saja sudah merupakan hasil dari sebuah kompetisi. Kita adalah pemenang kompetisi dari milyaran sperma yang ingin lahir ke dunia. Begitupun dalam bisnis, pendidikan, pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, kita tidak akan lepas dari sebuah kompetisi. Karena pada dasarnya kompetisi memiliki dampak positif dan bagian dari kehidupan kita.

Kompetisi disini bisa berarti luas, baik itu dalam bisnis, karir, pendidikan dan sebagainya. Orang rata-rata biasanya menghindari kompetisi namun orang sukses justru menjadikan kompetisi sebagai ajang bertumbuh, mereka berprinsip bahwa :

  1. Kompetisi Dapat Meningkatkan Kompetensi Dan Pengembangan Diri

Adanya sebuah kompetisi mungkin tidak nyaman bagi sebagian orang yang belum terbiasa. Karena kita akan dipaksa untuk belajar, berlatih atau bekerja lebih keras untuk meningkatkan kemampuan dan pencapaian. Kita jadi memiliki lawan sebagai pembanding serta seolah dikejar target jangka pendek yang harus dicapai dengan hasil terbaik. Namun ternyata proses inilah yang membawa seseorang untuk bisa meningkatkan kompetensi dan mengembangkan potensi diri yang dimiliknya.

  1. Membuka Pikiran Lebih Luas

Bertemu dengan orang baru, dipaksa melakukan cara atau sesuatu yang baru akan membukakan pikiran dan wawasan yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Mulai dari mempelajari teknik kompetitor, uji coba, teknis lomba itu sendiri, dan banyak lainnya. Banyak hal dalam berkompetisi yang tidak tertulis dibuku atau blog manapun dan hanya bisa dirasakan dan ditemukan dengan melakukannya secara langsung. Temukanlah.

  1. Memperluas Network/Jaringan Pertemanan Yang Berkualitas

Memusuhi dan menjauhi kompetitor adalah hal yang tidak tepat. Karena itu artinya kita sudah menghilangkan tempat dan orang yang bisa kita serap ilmunya. Ya, kompetitor bukanlah orang yang harus dimusuhi, justru mereka adalah teman belajar kita. Kompetitor pasti memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri,  maka dengan menjalin hubungan yang baik kita jadi bisa belajar banyak dari dia.

Atau bahkan bisa jadi dalam bidang atau kompetisi tersebut ia memang menjadi kompetitor namun dalam kesempatan lainnya ia justru bisa menjadi partner strategis Anda. Menarik dan saya sudah buktikan itu.

  1. Menjadi Portofolio Dan Track Record Positif

Dalam dunia akademis, karir dan bahkan bisnis sekalipun mengikuti sebuah kompetisi akan menjadi protofolio dan track record yang positif bagi diri kita maupun bisnis yang kita jalankan. Terlebih jika kita berhasil memenangkannya, value kita bertambah jadi lebih tinggi karenanya. Seperti yang kita tahu banyak tokoh dan bisnis yang terangkat setelah memenangkan kompetisi dan penghargaan kewirausahaan seperti WMM, Ernst And Young, dan sebagainya.

  1. Kompetisi Bukan Tentang Menang Dan Kalah

Terakhir saya ingin tegaskan kembali, bahwa meskipun kemenangan dalam kompetisi adalah target jangka pendek yang harus diperjuangkan dengan maksimal. Namun manfaat terbesar lainnya ada dampak akhirnya. Kompetisi bukan hanya tentang menang atau kalah, pembandingnya bukan hanya dengan kompetitor melainkan dengan diri atau bisnis kita sebelumnya. Seberapa tinggi kita telah bertumbuh paska kompetisi ini?. Seberapa banyak relasi baru yang terjalin dari kompetisi ini?.

Latihlah diri dan bisnis kita dengan kompetisi kompetisi kecil untuk bersiap menghadapi kompetisi kehidupan yang lebih besar. Lalu sebarkanlah semangat berkompetisi ini kepada orang-orang terdekat kita agar kita semua sama-sama bertumbuh.

Berangkat dari semangat itulah dalam rangka ulang tahun Harian Bernas ke 69, Hebat Group yang bekerja sama dengan UD Muncul akan mengadakan kompetisi bisnis plan untuk tingkat SMA/SMK se-Indonesia. Ide Hebat Competition 2015.

Ide Hebat Competition1

Ini akan menjadi ajang latihan yang sangat baik untuk anak, keponakan, sanak saudara ataupun adik kelas di SMA/SMK almamater Anda untuk meningkatkan kapasitas mereka melalui kompetisi. Jika berkenan Mohon sebarkan informasi ini karena siapa tahu dari rekomendasi Anda akan lahir entrepeneur muda baru yang akan memajukan Indonesia.

Terima kasih. Salam Hebat