Strategi Bisnis Alibaba Yang Jarang Diketahui Orang

Strategi Bisnis Alibaba Yang Jarang Diketahui Orang

by 16 October 2015

Jika berbicara Alibaba kita langsung teringat kepada sang pendirinya, Jack Ma. Sosoknya yang sederhana serta kisah hidupnya yang penuh inspirasi menyimpan karakter cerdas dan cekatan dalam melihat peluang dan membuat strategi bisnis. Sehingga tidak aneh jika saat ini ia berhasil membawa Alibaba menjadi situs e-commerce terbesar di dunia tersebut.

Tak sulit untuk mencari tahu lebih dalam tentang kisah sukses sosok Jack Ma yang bersahaja. Namun tak banyak blog atau ulasan yang menceritakan bagaimana strategi bisnis grup affiliasi Alibaba dapat mencapai transaksi senilai USD248 miliar yang dilakukan oleh 231 juta akun pembeli aktif, serta membukukan laba bersih senilai USD2,9 miliar pada 2013. Dan tetap bertahan meskipun di tahun 2015 ini China mengalami perlambatan ekonomi.

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba untuk mengulas salah satu strategi bisnis yang dilakukan Alibaba Group hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang.

Alibaba Memiliki Tiga Elemen Bisnis Utama

Tak banyak yang tahu bahwa Alibaba Group memiliki beberapa bisnis digital lainnya. Dari sekian banyaknya anak bisnis Alibaba, sebut saja Taobao dan TMall adalah dua elemen bisnis yang cukup besar perannya. Keduanya adalah situs marketplace yang besar di China. Meskipun sama-sama marketplace, keduanya memiliki karakter dan value preposition yang berbeda.

Taobao yang memliki kurang lebih 761juta pengguna aktif memiliki strategi bisnis yang lebih fokus kepada produsen lokal China yang model bisnisnya hampir seruap dengan e-Bay. TMall yang sebenarnya kepanjangan  dari Taobao Mall memiliki strategi bisnis yang fokus kepada penjual-penjual yang lebih besar. Dengan desain premium dan strategi bisnis yang  mengundang para pemilik brand besar seperti Nike, Gap, Apple dan lainnya ikut membuka lapak dagangannya di TMall.

Dan selain dua situs marketplace tersebut, unit bisnis yang ketiga ini rupanya memberikan sumbangsuh yang cukup besar untuk pendapatan Alibaba Group, yaitu Alipay. Semula Alipay adalah layanan pembayaran online yang aman untuk transaksi jual beli yang terjadi di Alibaba.

Namun berkat strategi bisnis yang excellent Alipay berkembang dan digunakan diberbagai situs lainnya. Dan bahkan menjadi layanan pembayaran online terbesar di China dan terpercaya dunia hanya dalam waktu 8 bulan.

Seperti itulah salah satu dari strategi bisnis yang dilakukan Alibaba. Cara untuk bertahan dalam bisnis ialah terus berkembang. Dan inilah yang dilakukan oleh Alibaba Group. Meskipun mengalami perlambatan ekonomi, krisis dan berbagai tantangan lainnya, namun dengan melakukan strategi bisnis yang tepat mereka tak hanya bisa bertahan namun semakin maju.

Perlambatan ekonomi yang erat kaitannya dengan krisis adalah masalah yang pasti pernah dan suatu saat pasti dialami seorang pengusaha. Namun bagaimana kita menghadapi hal tersebut?. Sehingga menurut saya adalah hal yangsangat penting bagi kita untuk mempelajari ilmu bagaimana menghadapi krisis dan berbagai tantangan dalam bisnis. Salah satunya dengan mengikuti seminar berikut ini.

Untitled-1

Untitled-1

Saya sangat mengenal kedua pembicara dalam seminar ini, dan saya yakin Anda pun sudha tak asing dengan mereka. Jemputlah ilmu tersebut hubungi Contact berikut ini 085729284252 (Lulu) untuk melakukan reservasi tiket.