5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bertemu Klien

5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bertemu Klien

by 12 October 2015

Sebagai entrepreneur maupun profesional tentu kita akan berhubungan dan harus bekerjasama dengan pihak lain. Terlebih bagi Anda yang berbisnis jasa, network marketing dan lain sebagainya yang mengharuskan Anda bertemu dengan banyak klien tiap harinya. Baik itu calon mitra, calon konsumen, atu bahkan calon investor bisnis Anda.

Maka pastikan moment pertemuan Anda dengan klien bisnis Anda bisa berjalan dengan baik, meninggalkan kesan positif dan tentunya goals bisnis Anda tercapai. Karena disadari atau tidak, pertemuan ini akan menjadi pertimbangan besar klien Anda dalam memutuskan bekerjasama dengan Anda atau tidak. Ide bisnis yang baik dan Penawaran yang menarik tidak ada artinya jika kesan pertama yang Anda tunjukan saat pertemuan tidak baik.

Berikut ini adalah beberapa checklist tentang hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat bertemu dengan klien :

  1. Persiapkan Materi

Materi pertemuan adalah salah satu hal krusial dalam pertemuan. Jangan sampai Anda datang tanpa membawa materi persiapan apapun. Tidak harus detail dan panjang lebar, cukup siapkan materi paling sederhana namun mencakup keseluruhan materi serta mudah dipahami oleh klien Anda. Misalkan saja sebuah slide presentasi, clip chart, prototype, atau product knowledge yang baik dan sebagainya. Kuasai dan susun materi yang ingin Anda sampaikan saat bertemu klien dengan baik seolah-olah Anda adalah master di bidang tersebut.

Baca Juga : Cara Mengajukan Ide Bisnis Pada Audiens Yang Berbeda-beda

  1. Latihan Presentasi dan Negosiasi

Latihan adalah sesuatu yang sering disepelekan banyak orang. Menganggap diri sudah memahami materi lalu merasa diri sudah siap. Fakta di lapangan banyak orang yang tiba-tiba merasa nerveous, gelagapan dan akhirnya materi atau susunan pembicaraannya acak-acakan ketika bertemu dengan klien. Terlebih jika klien tersebut merupakan orang-orang dengan level diatas kita. Seperti investor, klien besar dan lain sebagainya. Untuk itu sempatkanlah diri Anda berlatih presentasi dan negosiasi.

Baca Juga : Strategi Presentasi 10/20/30 Untuk Taklukan Investor

  1. Tampilah Seprofesional mungkin

Penampilan Anda akan memberikan kesan pertama bagi klien Anda. Tampilah seprofesional mungkin maka Anda akan dihargai layaknya seorang profesional. Tampil profesional tidak selalu berarti Anda harus menggunakan jas, sepatu pentopel atau barang-barang branded. Namun tampil profesional bisa nampak dari kebersihan dan kerapihan penampilan Anda.

Gunakanlah pakaian yang bersih, rapi dan wangi, sesuaikan dengan siapa dan dimana Anda bertemu. Jika bertemu dikantor tentu pakaian kantor seperti kemeja lebih relevan, namun tidak sedikit juga misalkan seorang klien yang membuat janji bertemu di lapang golf sambil bermain. Tentu menggunakan baju golf adalah baju profesional disaat itu. Selain itu pastikan bahwa wajah Anda selalu berseri tidak kusam, bau mulut dan badan Anda terjaga serta rambut yang tersisir dengan rapi.

  1. Selalu Menjaga Sikap dan Sopan Santun

Perilaku akan menjadi cerminan utama siapa Anda. Mulai dari bagaimana Anda datang dan memasuki ruangan, bagaimana Anda menyapa, berbicara, duduk hingga seterusnya. Bersikaplah sesuai dengan tata krama yang berlaku. Dan jika klien Anda berasal dari luar negeri dan memiliki norma dan tata krama yang berbeda, maka pastikan Anda juga sudah mengetahui dan mempelajari tata krama yang berlaku di negaranya. Agar sikap dan perilaku kita tidak menyinggung mereka.

  1. Datang Tepat Waktu

Tepat waktu mungkin masih bagian dari bagaimana tampil profesional dan cerminan dari sikap kita. Namun di artikel ini saya jadikan satu point karena aspek ini menurut saya sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sesekali membiarkan klien kita menunggu tanpa kabar, karena dalam pergaulan bisnis yang profesional sekali terlambat maka 80% kerjasama akan batal dan tidak akan ada pertemuan selanjutnya. Jadi pastikan Anda datang tepat atau bahkan sebelum waktunya di tempat yang dijanjikan.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Salam Hebat.