5 Tips Sukses Bisnis Ala Pak Joko Widodo

5 Tips Sukses Bisnis Ala Pak Joko Widodo

by 7 October 2015

Siapa yang tidak tahu Pak Joko Widodo saat ini, namanya menjadi perbincangan di berbagai media di Indonesia bahkan luar negeri setelah menjadi presiden Republik Indonesia periode ini. Dan sepertinya banyak juga yang tahu bahwa sebelum menjabat sebagai presiden, Pak Joko Widodo merupakan penduduk sipil biasa yang berprofesi sebagai pengusaha mebel.

Cerita hidupnya sebagai pengusaha mebel yang memulai usaha dari nol hingga menjadi perusahaan pengekspor mebel terpercaya di Indonesia, menjadi sesuatu yang menarik untuk kita bahas dalam artikel ini. Dan dalam beberapa kesempatan beliau juga pernah menyampaikan tips-tips suksesnya dalam berbisnis mebel. Namun pada prinsipnya tips tersebut bisa diterapkan pada semua bidang bisnis.

Nah untuk itu saya telah meyaringkan beberapa tips sukses berbisnis yang pernah beliau sampaikan dalam beberapa kesempatan :

  1. Miliki Keberanian

“Banyak orang yang mengatakan untuk wirausaha harus punya modal dulu, tapi menurut saya tidak, yang paling penting memulai usaha, jangan takut,”.

Yang terpenting bukanlah modal finansial yang kuat namun keberanian untuk memulai bisnis dan mengelola resiko. Mulailah dari hal kecil, karena dengan itu kita akan semakin kreatif dalam mengelola bisnis sebelum nantinya menghadapi tantangan dan resiko bisnis yang lebih besar. Memang modal finansial bisa menjadi faktor percepatan dalam bisnis namun tanpa keberanian dan pembelajaran dalam proses, justru bisa jadi dapat membahayakan bisnis Anda.

  1. Jeli Melihat Peluang

Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki seorang pengusaha. Ia dapat melihat peluang dari berbagai keadaan. Namun tentu saja peluang tersebut harus menjadi solusi bagi orang banyak, bukan sekedar menjadi opportunis yang memanfaatkan keadaan. Temukan, manfaatkan dan eksekusi peluang yang datang tersebut.

  1. Selalu berinovasi

Waktu terus berjalan, tren terus berubah dan persaingan makin ketat. Jika Anda tidak berinovasi maka bisnis Anda akan ditinggalkan konsumen. Pahami tren dan kebutuhan konsumen saat ini dan lakukan inovasi terhadap produk yang kita miliki saat ini. Entah itu dari segi produknya, kemasan, varian, hingga cara pemasarannya.

  1. Konsisten

Mungkin ini adalah salahsatu syarat sukses yang mudah diucapkan namun membutuhkan komitmen yang kuat untuk melaksanakannya. Untuk sukses dalam bisnis yang kita jalankan, kita akan ditempa dengan berbagai macam keadaan baik suka maupun duka. Dan disanalah kita akan diuji seberapa yakin dan kuat kita memperjuangkan bisnis yang dijalankan.

  1. Memperluas Networking dan Menjalin Komunikasi Yang Baik

Inilah yang menurut saya menjadi kelebihan utama yang dimiliki Pak Jokowi. Dia sangat pintar dalam bernetworking sehingga ia memiliki jaringan relasi yang luas dan kuat. Kemampuannya berkomunikasi dan bernegosiasi membuat bisnisnya melaju pesat.

Demikian tips-tips menarik dari Pak Jokowi. Semoga Bermanfaat.

Salam Hebat.