Tips Sukses Berbisnis di Industri Kreatif

Tips Sukses Berbisnis di Industri Kreatif

by 6 October 2015

Pertumbuhan bisnis di Industri kreatif di Indonesia nampaknya semakin maju dan berkembang. Ditandai dengan bermunculannya banyak perusahaan kreatif yang baru bahkan melahirkan beberapa profesi baru. Seperti tim kreatif, game tester, buzzer, dan banyak lagi lainnya. Untuk lebih mengenal bisnis apa saja yang termasuk bisnis kreatif bisa Anda temukan di artikel sebelumnya.

Baca: 14 Ide Bisnis Potensial Di Industri Kreatif

Seperti yang kita tahu, secara sederhana bisnis kreatif dapat diartikan sebagai bisnis yang mengandalkan kreativitas sebagai tolak ukur harga dari suatu barang dan jasa yang diperjualbelikan. Sumberdayanya ada pada diri masing-masing pelaku industri tersebut. Sehingga untuk sukses berbisnis di indsutri kreatif memang memiliki tantangannya sendiri. Untuk itu berikut ini adalah tips sukses menjalankan bisnis kreatif :

  1. Cintai Apa Yang Anda Lakukan

Berbisnis kreatif mungkin akan menempatkan Anda pada kondisi usaha atau pekerjaan yang dinamis dan penuh tantangan. Seringkali Anda akan dituntut untuk menciptakan sebuah ide atau karya hebat. Dan kreativitas itu biasanya akan muncul ketika kita merasa nyaman dan mencintai apa yang kita lakukan. Tekanan dan tantangan justru pelecut kita untuk semakin produktif.

  1. Selalu Up Date Dengan Perkembangan Zaman

Industri Kreatif terus mengalami perubahan seiring waktu berjalan. Tren, cara, teknologi, atau karya-karya baru yang muncul akan mempengaruhi tren bisnis industri kreatif itu sendiri. Sehingga mengikuti perkembangan zaman atau setidaknya tahu dan menyesuaikan diri dengan perubahan dan tren yang ada adalah syarat mutlak agar bisa bertahan di bisnis kreatif.

  1. Memperluas Networking

Dalam bisnis manapun networking merupakan sesuatu yang penting dan harus dilakukan seorang pengusaha agar bisnisnya semakin berkembang. Terlebih dalam bisnis kreatif, pentingnya networking akan sangat terasa baik dalam mencari klien, partner, komunitas dan jaringan relasi lainnya yang akan mendukung majunya perusahaan kita.

Baca: 30 Detik Mendapatkan Relasi Baru, Begini Caranya

  1. Bersikap Profesional

Meskipun bisnis kreatif terkesan tidak memiliki proses produksi/kerja yang baku dan sistematis seperti manufaktur. Namun bukan berarti Anda meninggalkan sikap profesionalitas. Mulai dari pembuatan akad perjanjian, ketepatan waktu/deadline yang disepakati, hasil kerja yang memuaskan dan lain sebagainya harus dilakukan seprofesional mungkin. Karena itulah yang akan membawa Anda sukses di bisnis ini.

  1. Selalu Berikan Karya Terbaik

Pada akhirnya seperti yang saya katakan diawal bahwa industri kreatif, dihargai atau dinilai dari ide atau hasil karya yang kita ciptakan atau buat. Untuk itu selalu berikan karya terbaik Anda dalam setiap permintaan atau kesempatan yang ada. Karena semakin bagus portofolio Anda, maka Anda atau bisnis kreatif Anda akan semakin dibayar mahal.

Salam Hebat.