WASPADA ! 4 Kebiasaan Pebisnis Online Yang Bisa Merusak Kesehatan

WASPADA ! 4 Kebiasaan Pebisnis Online Yang Bisa Merusak Kesehatan

by 2 October 2015

Bisnis online semakin hari semakin menarik untuk diselami. Banyak pengusaha yang berbondong-bondong memanfaatkan teknologi internet ini sebagai jalur pemasarannya. Entah itu para pengusaha atau perusahaan yang sudah memiliki bisnis offline sebelumnya atau bahkan mereka yang masih awam dalam berbisnis sekalipun, memiliki kesempatan yang sama untuk sukses di bisnis online.

Bisnis online memberikan kemudahan seseorang dalam berbisnis. Kita bisa berjualan dan menghasilkan uang dimana saja. Namun dibalik gemerlap nikmatnya berbisnis online, ternyata memiliki sisi yang bisa mengancam keselamatan dan kesehatan pelakunya.

Yakni adanya perubahan pola hidup dan aktifitas mereka yang tanpa kita sadari hal-hal tersebut bisa menjadi masalah kesehatan. Baik itu Anda sebagai seorang pebisnis online, onlineshoper, blogger, internet marketer, freelancer dan siapapun yang beraktifitas seperti dibawah ini :

  1. Begadang Hingga Larut Malam

Banyak dari kita yang merasa menjadi lebih produktif ketika malam hari, suasana sunyi mungkin membuat kita lebih mudah berkonsentrasi. Entah itu internet marketer yang menyiapkan konten, onlineshoper yang mungkin melayani pelanggan hingga malam hari, mempelajari sistem dan strategi atau banyak lagi aktifitas lainnya. Namun perlu kita sadari bahwa dalam jangka panjang terlalu sering begadang akan membuat kondisi kesehatan kita menurun.

  1. Terlalu Sering Di Depan Layar Monitor

Bisnis online sudah tentu identik dengan gadget, layar PC dan sebagainya. Tanpa kita sadari kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar dan menerima paparan sinar terus menerus. Tanpa pengendalian dan penanganan yang tepat hal ini bisa berakibat pada kesehatan tubuh terutama mata kita. Sebaiknya kita sering-sering memberikan jeda untuk mengistirahatkan mata dan memberikan pemandangan asri seperti hijaunya alam dan sebagainya.

  1. Duduk Terlalu Lama

Rutinitas pebisnis online tentu tak jauh dari bekerja didepan PC atau sekedar duduk membalas chat melalui gadget. Namun saking asyiknya tanpa sadar waktu berlalu berjam-jam untuk duduk. Dan diperparahnya lagi kita sering tidak menyadari posisi duduk kita salah, sehingga biasanya tahu-tahu badan terasa pegal dan nyeri. Jika tidak segera kita sadari dan segera mengubah kebiasaan ini, akan berakibat buruk pada banyak hal terutama tulang punggung dan pinggang.

  1. Konsumsi Kopi Dan Rokok Yang Berlebihan

Kopi dan rokok sepertinya menjadi teman setia bagi banyak pebisnis online pria. Tentu tidak semuanya seperti itu. Namun jika kita amati tidak sedikit pebisnis online yang merasa kurang afdol dan bahkan tidak bisa berkonstrasi jika tidak ada dua hal ini. Dan jika dibiarkan terus menerus, kita semua tentu sudah tahu resiko apa yang sudah menunggu disana.

Nah bagi Anda yang saat ini masih melakukan aktifitas-aktifitas beresiko seperti diatas. Saya tidak dapat melarang Anda untuk berhenti melakukannya. Namun mari kita pikirkan bahwa Anda, saya dan kita semua bekerja tentu mencapai tujuan dan impian kita di masa depan. Namun apalah artinya jika ketika mendapatkan uang atau tercapainya tujuan tersebut tanpa disertai kesehatan. Kuncinya ada pada pengendalian diri dan jadikan itu sebagai pola hidup dan pola bisnis yang sehat.

Salam Hebat.