Setelah Tahu 7 Hal Ini, Siapkah Anda Menjadi Seorang CEO?

Setelah Tahu 7 Hal Ini, Siapkah Anda Menjadi Seorang CEO?

by 1 October 2015

Gelar jabatan CEO yang merupakan kepanjangan dari Chief Executive Officer memang sangat prestisius dan populer akhir-akhir ini. Begitu mendengar kata CEO saja kita langsung terbayang seseorang dengan perawakan yang gagah, elegan, cerdas dan berwibawa.Terlebih saat ini ditengah bermunculannya banyak bisnis baru, lahir pula banyak sosok CEO-CEO yang sukses meski usianya masih muda.

Sehingga tidak aneh jika posisi strategis dalam perusahaan ini sangat diimpikan banyak orang. Namun tahukah Anda bahwa dibalik kegagahan dan prestisiusnya jabatan ini ternyata diikuti dengan tanggungjawab dan tugas yang cukup berat. Bagi Anda yang bermimpi ingin menjadi seorang CEO, nampaknya beberapa hal tentang CEO dibawah ini bisa menjadi gambaran lebih jelas tentang apa itu tugas seorang CEO :

Dalam beberapa perusahaan jabatan CEO memiliki nama lain seperti Managing Director (MD), Direktur Utama dan lain sebagainya. Namun dalam pelaksanaannya, tugas mereka sama-sama sebagai pemimpin.

  1. Peran utama seorang CEO dalam perusahaan ialah menjadi pemimpin tertinggi yang terlibat dalam operasional sebuah perusahaan. Selain itu CEO juga seorang komunikator antara direksi dan karyawan serta perusahaan dengan pihak luar. Selian itu ia juga bertugas merancang rencana strategis dan pemegang keputusan jangka pendek perusahaan.
  2. Perlu kita bedakan antara CEO dengan pemilik bisnis (Founder), seorang pemilik bisnis bisa saja menjadi CEO di perusahaan yang ia dirikan, namun seorang CEO belum tentu pemilik perusahaan tersebut.
  3. Dalam sebuah perusahaan besar seorang CEO biasanya dipillih melalui rapat dewan direktur atau otoritas organisasi lainnya tergantung dari struktur perusahaan tersebut.
  4. Seorang CEO biasanya bekerja dibawah tekanan atau target yang ditetapkan direksi atau pemilik bisnis. Sehingga tidak aneh jika kita pernah mendengar sebuah perusahaan mengangkat dan memecat seorang CEO. Dan bahkan Steve Jobs saja pernah dipecat dari jabatannya sebagai CEO di perusahaan yang ia dirikan sendiri.
  5. Seorang CEO adalah perwakilan, lambang atau ikon dari perusahaan yang ia pimpin. Sehingga sebisa mungkin ia harus menjaga diri dan kehormatan perusahaan dimanapun ia berada. Tak jarang pergantian seorang CEO bisa sangat berpengaruh pada harga saham perusahaan tersebut.
  6. Tugas seorang CEO biasanya luas atau terbatas tergantung perusahaannya. Menurut sebuah survey, alokasi waktu yang dihabiskan seorang CEO dalam menjalankan perannya ialah 60% dihabiskan untuk memanage karyawan dan operasional perusahaan. Dan 40 % sisanya ia bertugas memikirkan strategi bisnis dan mengajukan ide atau keputusannya untuk disetujui oleh dewan direksi atau pemilik bisnis.

Nah dari hal ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa peran dan tugas seorang CEO sangat besar. Entah Anda ingin menjadi CEO sebagai karir profesional atau menjadi CEO sekaligus pemilik bisnis atau mungkin akan mencari CEO terbaik untuk bisnis Anda. Pastikan posisi itu diisi oleh orang yang tepat.

Salam Hebat.