Tips Cerdas Memilih Ide Bisnis Berdasarkan Skala Bisnisnya

Tips Cerdas Memilih Ide Bisnis Berdasarkan Skala Bisnisnya

by 30 September 2015

Seringkali hambatan seseorang dalam memulai bisnis bukan karena ia tidak memiliki ide bisnis atau peluang. Justru terkadang mereka tidak memulai bisnis karena bingung kebanyakan ide bisnis. Biasanya seseorang akan memiliki banyak ide bisnis ketika telah menemukan inspirasi baik itu dari buku, seminar, pameran dan lain sebagainya. Namun ketika waktunya harus action, ia malah bingung harus mengerjakan ide bisnis yang mana.

Nah jika itu yang Anda rasakan saat ini, maka tidak ada salahnya Anda baca beberapa tips memilih ide bisnis berdasarkan skala bisnisnya dibawah ini.

  1. Need

Apakah bisnis Anda dibutuhkan banyak orang? Seberapa besar peluang pasar yang bisa Anda garap. Apakah ide bisnis Anda menyelesaikan problem atau memenuhi keinginanan target pasar Anda?. Ide bisnis yang baik dan sangat menguntungkan ialah ide bisnis yang menjadi kebutuhan orang dan menyelesaikan masalah mereka, karena seringkali konsumenlah yang mencari-cari Anda. Maka tentu saja semakin banyak orang yang membutuhkan produk bisnis Anda maka itu semakin baik.

  1. Entry

Analisalah apakah bisnis Anda termasuk bisnis yang mudah dimasuki pesaing yang sejenis?.  Apakah ide bisnis Anda mudah ditiru orang lain?. Semakin mudah entry sebuah bisnis konsekuensinya tentu persaingan akan semakin berat. Sehingga untuk itu Anda harus mempersiapkan inovasi atau diferensiasi yang kuat.

  1. Control

Siapa yang memegang kendali utama bisnis Anda?. Berpartner atau memanfaatkan kekuatan dari orang atau bisnis lain untuk kepentingan bisnis tidak ada salahnya. Namun sebaiknya kita tetap memiliki plan dan control agar ketika hal itu tidak ada sekalipun bisnis kita tetap berjalan. Misalkan penggunaan sosial media ataupun marketplace, controlnya ada di owner sosmed atau marketplace, maka jika sewaktu-waktu mereka tutup atau mengubah alogaritmanya maka tentu akan berdampak pada bisnis Anda. Maka apapun ide bisnis Anda sebaiknya Anda memiliki kendali penuh dan rencana yang strategis.

  1. Time

Pertama dapat diartikan kapan dan berapa lama bisnis Anda dijalankan?. Dan mampukah Anda melakukan hal itu. Kedua apakah ide bisnis Anda ini menyedot waktu Anda terlalu banyak?. Sebisa mungkin pilihlah ide bisnis atau buatlah ide bisnis Anda tersebut tidak membuat Anda membuang waktu terlalu banyak. Waktu Anda sangat berharga, jangan tukarkan waktu Anda dengan uang. Artinya Anda harus sesegera mungkin mengatur sistem agar waktu Anda berjalan lebih produktif.

  1. Scalable

Bisnis tersebut harus bisa dibesarkan. Tidak masalah jika bisnis Anda saat ini masih skala kecil, namun Anda tahu pasti akan kemana bisnis itu dikembangkan. Pilihlah ide bisnis yang masih akan terus berkembang dan bisa dibesarkan.

Tiap ide bisnis memiliki kelebihan dan resiko masing-masing. Seringkali pertanyaannya adalah bukan bisnis mana yang lebih menguntungkan. Karena saya percaya hampir semua bisnis akan menguntungkan dengan polanya tersendiri. Namun pertanyaannya adalah resiko manakah yang berani Anda kelola agar bisnis tersebut jadi menguntungkan.

Salam Hebat.