Terpaksa Menaikkan Harga? Jaga Pelanggan Anda Dengan 5 Hal Ini

Terpaksa Menaikkan Harga? Jaga Pelanggan Anda Dengan 5 Hal Ini

by 29 September 2015

Menentukan harga adalah salah satu hal krusial dalam menjual sebuah produk atau saja. Sebagian besar karakter konsumen di Indonesia masih tergolong konsumen yang sensitif terhadap perubahan harga. Namun di tengah kondisi ekonomi Indonesia saat ini, dimana harga bahan dan biaya produksi rata-rata meningkat tajam. Telah menempatkan perusahaan untuk mau tidak mau harus menaikkan harga atau mencari alternatif lain agar tetap bisa meraup untung dari bisnisnya.

Baca : Bagaimana Tetap Optimis Di Saat Krisis

Padahal sebagaimana hukum permintaan yang kita ketahui bersama, jika harga suatu barang dan jasa naik maka akan menyebabkan turunnya permintaan. Maka dari itu bagaimana jadinya jika perusahaan benar-benar terpaksa harus menaikkan harga namun tentu tidak rela kehilangan pelanggan?. Dalam artikel ini akan coba kami bagikan beberapa tips dan strategi untuk mensiasati kenaikkan harga tersebut :

  1. Menambah Value dan atau Touch Up Baru Pada Produk

Strategi berikut ini mungkin membuat Anda harus berpikir lebih kreatif. Untuk bisa menaikkan harga dan tetap bisa diterima konsumen salah satunya ialah dengan menambah value dan atau touch up baru yang low cost. Misalkan saja memberbaharui kemasan dan mempercantik packaging sehingga nampak lebih mewah dan layak dibayar mahal.

Adanya perubahan yang lebih baik, biasanya konsumen akan merasa bahwa kenaikkan tersebut adalah hal wajar dan baik untuk mereka.

  1. Memberikan Penjelasan Yang Dapat Diterima Pembeli

Saat perusahaan memutuskan menaikkan harga, tentu para pelanggan akan bertanya dan ingin mengetahui alasan kenaikkan tersebut. Untuk itu jelaskanlah dengan bahasa yang mudah diterima oleh pembeli Anda. Memberikan penjelasan yang logis dan tulus atas kenaikkan harga produk atau jasa yang Anda jual akan menjadi alasan bagi mereka untuk tetap membeli produk atau jasa dari Anda.

  1. Pemberitahuan Atau Sosialisasi Sebelum Kenaikkan Harga

Sebaiknnya melakukan sosialisasi atau pemberitahuan lebih dulu sebelum kenaikkan harga tersebut diberlakukan. Sehingga para pembeli tidak kaget atau merasa dirugikan saat membeli produk Anda. Dengan adanya sosialisasi sebelumnya justru membuat konsumen lebih dihargai terlebih mereka yang telah menjadi langganan atau member dalam bisnis Anda.

  1. Memberikan Bonus atau atau Gift

Ketika pelanggan mengetahui adanya kenaikkan harga sedikit banyak mereka akan berpikir dua kali ketika mereka akan membeli. Untuk itu kita bisa membuat strategi untuk menghadapi masalah tersebut salah satunya ialah dengan memberikan penawaran menarik. Misalkan saja bonus spesial, voucher, undian atau gift yang diberikan secara lebih personal. Dalam hal ini kita dituntut untuk berpikir kreatif bagaimana caranya memberikan penawaran atau bonus yang low cost namun menarik dan berkesan bagi pembeli. Sehingga mereka akan berpikir bahwa kenaikkan sedikit bukan masalah, toh akhirnya mereka mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Selamat Mencoba. Salam Hebat.