5 Tipekal Orang Yang Sebaiknya Anda Rekrut Sebagai Tim StartUp

5 Tipekal Orang Yang Sebaiknya Anda Rekrut Sebagai Tim StartUp

by 25 September 2015

Membangun sebuah bisnis akan lebih ringan dan cepat dijalankan jika dikerjakan bersama. Menjalankan bisnis seorang diri, tentu sah-sah saja namun tentu saja ada banyak beban yang harus ditanggung dan dikerjakan sendiri. Sementara kemampuan ataupun keahlian seseorang ada batasnya.

Terlebih bagi Anda yang saat ini sedang membangun dan membesarkan sebuah startup bisnis. Maka ada beberapa pekerjaan yang sebaiknya Anda bagi dengan orang lain dengan menjadikan mereka tim bisnis Anda. Pada umumnya berikut ini adalah beberapa peran dan tipekal orang yang sebaiknya Anda rekrut ke dalam tim startup ialah :

  1. Leader

Dalam sebuah kelompok pasti harus ada seorang pemimpin yang bertugas memberikan komando/arahan dan membawa startup Anda lebih maju. Pemimpin disini bisa Anda sendiri sebagai pemilik bisnis atau bisa juga orang lain dari tim Anda yang memiliki kinerja bagus dan jiwa kepemimpinan yang baik. Sehingga Anda sebagai pemilik dan pendiri bisnis bisa lebih fokus pada rencana dan keputusan stratejik.

  1. Master

Meskipun Anda tidak terlalu ahli dalam bidang bisnis yang Anda jalankan dengan adanya anggota tim tipekal master ini, maka bisnis Anda bisa berjalan dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keahlian pada bidang operasional tertentu. Misalkan startup bisnis Anda bergerak di bidang apps maka “master” disini ialah para programer, ahli IT dan lainnya.

  1. Marketers

Sebaik apapun produk yang Anda hasilkan tidak ada artinya jika tidak terjadi penjualan. Adanya penjualanlah yang akan memutarkan roda bisnis tetap berjalan. Dan disinilah peran penting seorang marketers. Mungkin mereka tidak mengerti detail bagaimana sebuah produk itu diciptakan. Namun kemampuan mereka dalam menyampaikan value produk kita dalam sebuah penawaran yang tidak bisa di tolak pembeli adalah senjata utama stratup untuk bisa bertahan dan terus berkembang. Temukan dan ajak orang tipekal marketers atau si jago jualan di tim bisnis startup Anda.

  1. Accountant

Ibarat dalam sebuah kendaraan, pentingnya menganalisa keuangan dalam bisnis seperti papan dashboard yang memuat berbagai informasi mengenai kondisi kendaraan itu. Ia akan menunjukan performa perusahaan sehingga kita tahu kapan harus menginjak gas dan kapan kapan harus melakukan perlambatan atau rem. Adanya orang accountan tidak hanya untuk menghitung dan mengatur keuangan perusahaan. Namun lebih dari itu kita bisa menentukan arah dan strategi perusahaan.

  1. Mentor

Sukses itu berpola maka temukanlah pola yang dimiliki oleh seseorang yang sukses di bidang yang hampir sama dengan Anda untuk Anda pelajari polanya. Dekati dan jalin hubungan baik sehingga mereka mau menjadi mentor untuk bisnis Anda. Seorang mentor mungkin tidak harus masuk ke dalam struktur tim bisnis Anda. Namun keberadaan mereka akan cukup berdampak baik pada perkembangan bisnis Anda.

Itulah 5 orang yang sebaiknya ada dalam tim startup bisnis Anda. Tidak harus selalu mencari mereka melalui pengumuman lowongan pekerjaan, karena bisa jadi mereka adalah orang-orang yang ada di sekitar Anda. Sehingga bangunlah relasi lebih luas dan temukan tim bisnis terbaik Anda.

Salam Hebat.