6 Hal Yang Membuat Banyak Orang Tertarik Bisnis E-Commerce

6 Hal Yang Membuat Banyak Orang Tertarik Bisnis E-Commerce

by 23 September 2015

Perkembangan teknologi saat ini sangat besar pengaruhnya pada peradaban. Gaya hidup, perilaku hingga sistem global pun terkena dampaknya. Tak terkecuali dunia bisnis yang kini berkolaborasi dengan teknologi serta saling menguatkan satu sama lain. Proses jual beli tidak lagi hanya dilakukan secara tatap muka namun melalui teknologi semua bisa bertransaksi secara online tanpa batasan jarak dan waktu. Atau saat ini lebih populer disebut dengan e-commerce.

Dewasa ini marak bermunculan berbagai situs e-commerce. Mulai dari online store hingga marketplace baik itu merupakan startup asli Indonesia atau merupakan ekspansi dari luar negeri. Bisnis ecommerc makin menarik seiring meningkatnya jumlah transaksi jual beli yang terjadi secara online baik di Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Dan diperkirakan akan terus bertumbuh seiring majunya teknologi.

Sehingga tidak aneh jika saat ini bisnis e-commerce menjadi primadona, karena jika kita amati berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki dalam bisnis e-commerce.

  1. Market Exposure

Dengan adanya teknologi bisnis bisa menjangkau pasar  yang lebih luas. Tidak lagi terbatas jarak dan waktu tempuh. Membeli ataupun menjual produk pada target pasar di berbagai daerah tanpa harus wara-wiri berpromosi secara langsung.

  1. Operating Cost

Bisnis dengan landasan e-commerce dapat menurunkan banyak biaya operasional. Semisal biaya transport, biaya promosi dan lain sebagainya. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi ke luar kota untuk promosi langsung dengan resiko barang yang dibawa.

  1. Efektif

Arus informasi menjadi lebih cepat dan mudah diakses. Termasuk juga dari sisi pemasarannya, berbagai strategi dan media online yang bisa di gunakan dalam pemasaran sangat efektif dalam menyampaikan konten bisnis kita pada target pasar yang tepat dan spesifik.

  1. Fleksibel

Baik seller dan buyer dapat melakukan bisnis dan transaksi jual beli dari berbagai tempat dengan waktu yang fleksibel. Pada skala kecil semisal online store, pebisnis tersebut tidak harus selalu berada di kantor atau tempat tertentu. Ia bahkan bisa berjualan dan menghasilkan uang di rumah, sekolah, atau tempat lainnya tergantung aktivitas mereka.

  1. Cashflow terjamin

Sebagian besar sistem dalam e-commerce biasanya mensyaratkan buyer melakukan pembayaran lebih dulu atas barang yang dipesan. Sehingga secara arus keuangan bisnis e-commerce memiliki Cashflow lebih terjamin.

  1. Tim Yang Ramping

Dibalik megahnya bisnis ecommerce yang memiliki nilai transaksi yang fantastis mungkin kita berpikir bahwa perusahaan tersebut juga memiliki banyak karyawan. Namun faktanya sebagian ecommerce baik Indonesia maupun luar negeri memiliki tim kerja yang ramping. Namun meski demikian melalui bisnis ecommercenya mereka bisa memberdayakan banyak orang dan juga menjadikan bisnis tersebut sebagai ladang rezeki bagi banyak orang.

Bagaimana apakah Anda tertarik bisnis ecommerce ?