Tips dan Trik Pemasaran Untuk Bisnis Cafe

Tips dan Trik Pemasaran Untuk Bisnis Cafe

by 23 September 2015

Meningkatnya jumlah masyarakat ekonomi menengah ke atas di Indonesia juga mengubah perilaku konsumsi mereka. Seperti salah satunya ditandai dengan gaya hidup minum dan nongkrong di cafe. Saat ini pertumbuhan cafe di berbagai kota besar semakin banyak. Dan bisa dikatakan hampir di setiap jalan dan pusat keramaian selalu ada cafe mulai dari yang berukuran kecil hingga cafe mewah yang cukup luas.

Namun tentu saja hal ini membuat persaingan bisnis di industri cafe semakin berat. Berbisnis cafe tidak lagi hanya tentang menjual rasa makanan atau minuman terhadap pelanggan. Untuk itu bagi Anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis cafe. Ada baiknya ada melakukan atau memikirkan strategi pemasaran apa yang harus digunakan untuk menghadapi persaingan seperti saat ini.

Seperti beberapa hal dibawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk mencari strategi pemasaran apa yang paling tepat untuk bisnis cafe Anda. Berikut ini tips dan trik pemasaran bisnis cafe :

  1. Konsep Cafe

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang datang ke sebuah cafe tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan makan dan minumnya. Namun lebih dari itu mereka ingin memenuhi kebutuhan life stylenya. Sehingga yang pertama kali mereka akan lihat ialah tampilan, image, dan konsep cafe tersebut secara keseluruhan. Maka buatlah sebuah konsep cafe yang unik dan memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari nama, interior, warna dominan, suasana yang ingin dihidupkan dan lain sebagainya.

  1. Menu

Konsep cafe yang menarik akan menjadi salah satu alasan seseorang datang pertama kali ke cafe Anda. Namun menu dan rasa hidanganlah yang akan menjadi alasan mereka untuk datang kedua kali dan seterusnya ke cafe Anda. Sehingga pastikan Anda menjaga rasa dan kualitas menu hidangan yang Anda jual. Dan tak hanya itu pastikan juga presentasi makanan atau minuman yang Anda jual di tata secantik mungkin sehingga pelanggan Anda tidak ragu untuk memfoto dan menyebarkannya melalui sosial media atau cara lainnya.

  1. Program Menarik

Cafe berbeda dengan warung makan atau restoran pada umumnya. Perlu ada suatu tawaran menarik lainnya yang membuat pelanggan harus datang ke tempat Anda. Program menarik semisal, hari Senin bayar setengah harga, Hari jumat free for ladies dan lain sebagainya bisa menjadi daya tarik orang datang ke cafe Anda.

  1. Gunakan Sosial Media

Hampir sebagian besar target pasar bisnis cafe ialah usia muda yang begitu akrab dengan sosial media. Maka hal ini bisa menjadi gerbang masuk untuk menarik mereka datang ke cafe Anda. Buatlah akun official cafe Anda, namun bukan sekedar untuk memberikan informasi dan promosi terkait cafe Anda. Sesuai esensi dari sosial media sendiri ialah membangun hubungan maka jadikan akun sosmed cafe Anda sebagai chanell komunikasi yang meng-engage pelanggan dengan menyebarkan konten viral salah satunya.

  1. Komunitas

Bekerja sama dengan komunitas adalah sinergi yang saling menguntungkan. Anda menyediakan tempat dan dengan adanya komunitas cafe Anda memiliki jaringan pelanggan yang loyal. Mungkin Anda tidak asing lagi dan sering menemukan bahwa sebuah cafe biasanya dijadikan fanbase komunitas tertentu, misalkan fans klub bola dengan kegiatan rutinnya ialah nonton bareng dan sebagainya.

Demikian tips trik kali ini. Semoga bermanfaat