Aset Alokasi, Untuk Modal Pensiun (2)

Aset Alokasi, Untuk Modal Pensiun (2)

by 21 September 2015

“Kondotel?” Ujar seorang pria separuh baya di hadapan saya.

“Apa itu? Saya belum pernah mendengar sebelumnya”, lanjut pria ini.

Lalu saya pun menjelaskan, bahwa kondotel adalah unit-unit kamar yang dijual belikan dan disewakan dengan manajemen Hotel. Cara lain menjelaskan Kondotel adalah sebuah Hotel yang Unit-unit kamarnya dimiliki oleh orang-orang berbeda alias orang banyak.

Keuntungan berinvestasi pada kondotel adalah pada Manajemen Profesional yang dimilikinya. Katakanlah, Sahid Kondotel di Babar Sari Yogyakarta, yang dibangun dengan konsep Mix Used alias Superblocked, memiliki lebih dari 500 unit kondotel yang dijual kepada Publik. Disisi lain, Hotel Sahid yang telah berdiri puluhan Tahun disana tetap di Pertahankan.

“Lalu apa bedanya dengan saya investasi Apartemen?” Ujar pria di hadapan saya.

“Pertanyaan bagus pak”, ujar saya menimpali.

“Jika Apartemen, bapak perlu manajemen dan perawatan sendiri, sementara pada Kondotel, semuanya sudah dikerjakan oleh manajemen hotel, sehingga bapak bisa benar-benar Pensiun dengan rerata ROI atau Imbal hasil sekitar 8-11% dari Nilai Properti saat itu. Artinya dengan kenaikan properti setiap tahunnya, bapak juga akan menikmati kenaikan Sewa setiap tahunnya”, urai saya panjang lebar.

Tiba-tiba saya teringat dengan salah satu kata Guru Saya, “Kata-Kata adalah Harta”, setidaknya itulah kesimpulan saya. Konon, orang-orang dibawah Garis kemiskinan memiliki Stok Kata-kata kurang dari 2000 Kata. Sementara orang-orang Ultra kaya memiliki lebih dari 10x lipatnya, lebih dari 20.000 Kata. Tentu saja… kaum menengah memiliki stok kata sejumlah diantara 2000  hingga 20.000 kata.

7 Tahun lalu saya tidak mengenal istilah PPJB dan Surat Kuasa Menjual. Setelah saya mempelajari kata-kata tersebut, manfaat dan cara menggunakannya, 5 Tahun terakhir Bisnis saya melesat Pesat karena dua Kata tersebut.

19 Tahun lalu… kawan-kawan kuliah saya tidak mengenal arti dari istilah ISA, PCI, Jumper, ROM, Bios, dll sementara saya mengenalnya dan mempelajari secara serius istilah-istilah tersebut. Wajarlah kemudian jika satu dekade saya hidup dan membangun aset Bisnis saya, dari kata-kata tersebut.

Ketika saya menjadi Konsultan di Rumah Sakit, Pemilik Perguruan Tinggi dan Pemimpin Umum Harian BERNAS, itu adalah tiga ruangan berbeda lagi dengan Kosakata Berbeda lagi.

Tentu saja, ketika saya masuk ke Bisnis Perbankan, Tahun ini saya harus belajar kembali berbagai istilah PERBANKAN dan tidak cukup hanya NPL, CAR, ROI dll. Saya harus masuk lebih dalam lagi di dunia tersebut, usai saya bisa mengangkat kembali BRAND Harian BERNAS yang sempat melorot.

Point dari artikel kali ini adalah ketika anda menyiapkan pensiun anda dengan Aset alokasi, Alokasikanlah juga waktu, pikiran, tenaga dan uang anda untuk mempelajari KOSA KATA dalam bidang yang anda masuki.

Banyak orang yang Mundur teratur dari Bisnis properti, karena ada banyak kata-kata dan istilah yang tidak mereka mengerti, yang saya sharing di kelas-kelas properti saya sebagai “8 Kecerdasan Berbisnis Properti”. Yes mereka berpikir menyerah karena tidak bisa bernegosiasi dengan pemilik tanah, pemilik modal, perbankan, pihak perizinan dll. Tapi sebenarnya karena akar masalahnya adalah mereka tidak menguasai KOSAKATA nya.

Kembali Ke Kondotel…

Jika anda ingin memiliki masa Pensiun dengan memiliki pendapatan yang cenderung terus naik setiap tahunnya dan sekaligus mengalahkan Inflasi (Tidak semua uang pensiun seperti ini), sekaligus anda memiliki Tim Profesional sekelas General Manager Hotel Bintang yang mengelolanya, Maka Kondotel bisa menjadi Pilihan salah satu Aset Alokasi Anda.

Tentu BRAND Juga menjadi pilihan, pengalaman SAHID GROUP hampir setengah abad di dunia perhotelan, memberi saya keyakinan, bahwa Jejaring Konsumen loyalnya Telah Sangat Banyak untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan Occupancy Rate dari Hotel Tersebut. Apalagi SAHID di Jogja, adalah Superblock dimana Kondotel ini terintegrasi dengan Mall sebagai Pusat perbelanjaan, tempat hiburan ditambah 11 Ruang Meeting dan Ball Room dengan kapasitas 2000 Orang, akan menjadi Magnet tersendiri bagi Sahid Condotel Jogja.

Terlepas anda akan memulai Investasi di Kondotel besok atau hari Ini, saran saya pelajarilah terlebih dahulu KOSA KATA sekaligus bagaimana Mengambil keuntungan dari Setiap Kata yang anda Pelajari. Alokasikanlah INTANGIBLE ASSET anda terlebih dahulu, Sebelum anda benar-benar berinvestasi pada TANGIBLE ASSETnya.

Selamat Belajar..

Salam Hebat

Putu Putrayasa

www.PutuPutrayasa.com