8 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Pertama

8 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Pertama

by 21 September 2015

Berencana membeli rumah baru namun bingung menentukan rumah yang tepat untuk dibeli?. Apalagi jika ini adalah rumah pertama Anda tentu pastikan mengambil keputusan sebaik mungkin. Memiliki rumah yang layak ditinggali, aman dan nyaman adalah impian banyak orang. Namun ternyata ada banyak hal juga yang harus kita pertimbangkan dalam memutuskan hal tersebut.

Untuk itu berikut 10 hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli rumah :

  1. Lokasi

Penentuan lokasi rumah bisa berdasarkan beberapa hal mulai dari pekerjaan, faktor lingkungan dan sosial. Meskipun Anda berencana membeli properti secara online pastikan Anda menyempatkan diri melihat lokasi properti yang akan Anda beli.

  1. Periksa Harga Pasar

Rajin-rajinlah mencari informasi tentang harga pasar properti sejenis. Jangan langsung terbuai dengan berbagai iming-iming yang tidak masuk akal. Pastikan harga beli Anda tidak terlalu jauh dari harga pasar.

  1. Penawaran Fasilitas

Biasanya developer ataupun pemilik rumah perseorangan akan menawarkan fasilitas tertentu jika Anda jadi membeli rumah tersebut. Atau bisa juga fasilitas umum yang biasanya ditawarkan perumahan seperti tempat ibadah, taman bermain, lahan hijau dan sebagainya. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan dan bisa jadi pertimbangan Anda.

  1. Verifikasi Developer

Ada baiknya melakukan cross check reputasi developer atau pemilik rumah yang akan Anda beli. Pastikan bahwa mereka memiliki reputasi dan track record yang baik dan bisa dipercaya. Anda bisa cari ke berbagai sumber baik itu internet terutama lagi testimoni dari pembeli sebelumnya atau jika ada cari yang masih kerabat Anda.

  1. Dana

Faktor dana tentu saja menjadi hal krusial yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Jangan terlalu memaksakan diri membeli rumah yang di atas kemampuan membeli Anda. Meskipun ada bantuan KPR dalam membeli properti setidaknya ada beberapa dana awal yang perlu Anda siapkan.

  • Uang Tanda Jadi

Ketika Anda telah melakukan deal pembelian, biasanya kita tidak akan langsung melakukan pembayaran penuh namun ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Dan selama proses tersebut biasanya pengembang atau pemilik rumah akan meminta uang tanda jadi atau biasa disebut booking fee sebagai jaminan kepastian bahwa Anda benar-benar membeli.

  • Uang Muka

Anda baru secara sah dinyatakan melakukan pembelian setelah Anda membayar uang muka yang besarannya bervariasi mulai dari 25-50% dari total harga beli rumah tersebut.

  • Uang Untuk Berbagai Keperluan

Adalah biaya yang muncul selama Anda mengurus berbagai Administrasi, persyaratan dan sebagainya.

  • Uang Angsuran

Uang yang harus Anda bayar untuk mencicil pelunasan pembelian.

  1. Dapatkan KPR

Harga sebuah rumah rata-rata cukup besar sehingga hanya segelintir orang saja yang bisa membeli rumah secara cash. Sehingga alternatif yang sering diambil ialah menggunakan KPR (Kredit Pembelian Rumah) . Namun Anda cermat dalam menghitung dan mempertimbangkanjangka waktu kredit yang Anda ambil. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

  1. Legalitas dan Serah Terima

Tidak seperti jual beli lainnya, memiliki rumah harus sangat memperhatikan faktor legal. Berbagai perizinan, sertifikat, pajak dan surat legal lainnya harus Anda pastikan keabsahannya dan bisa Anda pegang sendiri. Jika ada serah terima, Anda harus aktif untuk bertanya dan memastikan bahwa hal tersebut terealisasi sesuai dengan rencana atau janji dari developernya.

  1. Dana Cadangan

Jangan habiskan uang Anda untuk membeli rumah semuanya. Selalu siapkan dana cadangan untuk berbagai hal yang tidak terduga. Minimalnya jika Anda mengangsur, pastikan menyiapkan dana angsuran untuk 3 bulan ke depan.

Demikian tips kali ini. Selamat mencari rumah baru.

Salam Hebat.