Rumus Jitu Menentukan Nama Bisnis Atau Brand Produk Anda

Rumus Jitu Menentukan Nama Bisnis Atau Brand Produk Anda

by 25 August 2015

Apalah arti sebuah nama?

Sangat berarti sekali saya jawab. Terlebih jika yang dibicarakan adalah soal bisnis. Sebuah nama memiliki fungsi untuk membedakan suatu hal dengan lainnya. Dengan sebuah nama seseorang bisa tahu dan mengenali produk dan bisnis kita.

Namun terkadang menentukan nama atau brand bagi bisnis seringkali memusingkan banyak pengusaha. Karena selain bagus, nama juga biasanya harus memiliki makna yang baik agar sedikit banyak akan berpengaruh pada bisnis yang dijalankan. Tak jarang seorang pebisnis menghabiskan waktu berhari-hari hanya untuk mencari nama brand yang tepat untuk bisnis atau produknya.

Untuk itu saya akan berbagi beberapa rumus dalam menentukan sebuah nama untuk bisnis dan produk yang saya kutip dari berbagai sumber :

  1. Sesuai Dengan Produk Dan Keunggulan Yang Dijual

Meskipun cenderung terlalu standar tapi menggunakan nama produk atau bidang bisnis yang dijalankan sebagai nama usaha atau brand tidak salah dan terbukti banyak jug digunakan oleh perusahaan besar. Bahakn hal ini sangat efektif karena konsumen yang belum kenal brand Anda sekalipun akan langsung kenal apa yang Anda jual. Misalkan saja Singapore Airlines, Properti Hebat, Oseng Mercon dan lain sebagainya.

  1. Memasukkan Nama Anda

Nama Anda sendiri adalah pembeda bagi bisnis Anda. Menggunakan nama sendiri sebagai brand cukup banyak digunakan di Indonesia. Biasanya dikombinasikan dengan nama produk atau bidang bisnis yang dijual. Bisa secara jelas menuliskan nama kita, bisa juga berupa singkatan atau akronim. Misalkan Soto Pak Min, Jupe Fried Chicken, Honda, Gudeg Yu Djum dan lain sebagainya.

  1. Memiliki nilai dan makna

Nama adalah doa, siapapun setuju bahwa pepatah ini sedikit banyak telah terbukti kebenarannya. Sehingga membeirkan nama yang baik dengan memasukkan filosofi tertentu dibalik sebuah nama diyakini bisa memberikan dampak dan sugesti positif. Meskipun mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Misalkan Matahari, Kompas, Kapal Api, Apple dan lain sebagainya.

  1. Singkatan singkatan

Menggabungkan beberapa kata yang berhubungan dengan bisnis Anda sebagai brand layak Anda coba. Brand-brand ternama seperti Indomie, DAMN dan lainnya.

  1. Angka-angka

Tidak terlalu disarankan karena jika banyak kompetitor yang menggunakan metode serupa akan sulit melakukan diferensiasi. Misalkan saja bakpia yang ada di Jogja, ada banyak merek bakpia dengan beragam nomor. Bakpia 25, bakpia 72, dan lainnya. Kecuali jika Anda menjadi pioner dan berhasil menancapkan brand anda kepada konsumen. Misalkan 7Eleven, Es Teler 77, Cinema21 dan lain sebagainya.

  1. Unik dan Catchy

Memberikan nama yang out of the box, kata yang mungkin tidak ada dalam bahasa apapun namun unik dan mudah diucapkan. Meskipun memang memiliki kekirangan yakni ketika pertama kai disebutkan kepada orang awa, mereka tidak langsung tahu apa produk atau jasa yang Anda jual. Misalkan saja lazada, yahoo, Google.

Itu dia beberapa rumus dalam menentukan nama produk atau usaha Anda. Satu point dengan point lainnya bisa saling dikombinasikan untuk mendapatkan nama terbaik. Namun sebaiknya Anda tidak berlama-lama terhanyut dalam penentuan nama sehingga menghambat proses bisnis yang dijalankan. Ambil saja nama yang baik dan mudah diucapkan.

Demikin tips kali ini. Semoga Bermanfaat.

Salam Hebat.