STOP Mengatakan Tidak Punya Waktu Memulai Bisnis, Lakukan 5 Hal Ini

STOP Mengatakan Tidak Punya Waktu Memulai Bisnis, Lakukan 5 Hal Ini

by 21 August 2015

Banyak orang yang sangat ingin memulai bisnis dan bahkan ia memiliki ide bisnis yang sangat menarik. Namun ia mengeluhkan bahwa ia tidak punya waktu untuk memulai bisnis. Entah itu mereka seorang karyawan, mahasiswa atau lainnya dimana mereka memiliki kesibukkan yang tidak bisa atau belum berani mereka tinggalkan.

Bayangkan erapa banyak ide bisnis brilian yang berlalu begitu saja, berapa banyak momentum yang akhirnya hilang dari setiap penundaan yang Anda lakukan.

Saya akan memulainya tahun depan Tapi bagaimana jika sudah tidak ada tahun depan?

Saya belum yakin, nanti saja Seseorang bisa jadi akan memiliki ide yang sama dengan Anda.

Saya tidak punya waktu Maka CIPTAKANLAH Waktu

Berikut ini beberapa tips yang dilansir dari laman entrepreneur(dot)com dalam memulai bisnis bahkan jika Anda merasa tidak memiliki waktu sekalipun :

  1. Catat Apa Yang Anda lakukan Tiap Hari

Bagaimanapun tidak ada manusia yang mendapatkan waktu tambahan lebih dari 24 jam. Sehingga prinsip dasar dalam manajemen waktu adalah prioritas. Dan untuk menentukan prioritas maka Anda perlu mencatat semua kegiatan yang biasa atau akan Anda lakukan. Dari sana Anda dapat memilah-milah mana kegiatan yang harus didahulukan dan tidak bisa digantikan, mana kegiatan yang dapat dilakukan berdekatan agar lebih efisien, dan mana kegiatan yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi Anda. Disanalah akan terlihat celah waktu yang bisa Anda ciptakan.

  1. Berhenti atau Ubah

Berhentilah memantau sosmed hanya untuk mengetahui berapa banyak orang yang menyukai postingan dan berkomentar positif atas foto atau status keluhan Anda di sosmed. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang. Alih-alih menggunakannya hanya untuk sekedar narsis sosial media akan lebih powerfull jika sosmed digunakan sabagai chanell pemasaran.

Begitu juga Anda punya pilihan matikan TV dan buang kaset serial drama yang biasa menyandara Anda duduk manis di depan layar. Atau ubahlah hal tersebut menjadi lebih produktifmisalkan Anda menjadi seorang resensi film di blog dan lain sebagainya.

  1. Manfaatkan waktu senggang

Misalkan jika Anda pergi bekerja menggunakan transportasi umum, daripada memandangi gadget dan bermain game. Akan lebih produktif saat Anda menggunakannya untuk mengirim BC promosi, upload produk atau dan strategi promosi lainnya. Daripada menghabiskan waktu keluar kantor untuk makan, Anda bisa bawa bekal dan makan dikantor sambil melakukan hal seperti diatas. Sekecil apapun celah manfaatkanlah.

  1. Bangun lebih awal

Siapapun bisa memulai bisnis bahkan mereka yang saat ini bekerja penuh waktu. Jika Anda masuk kerja pukul 7 dan perlu persiapan min 1 jam, maka bangunlah pukul 4 sehingga Anda masih punya beberapa waktu untuk mengurus dan mempersiapkan bisnis Anda.

  1. Tetapkan tujuan yang realistis

Tujuan yang realistis fungsinya adalah membumikan ide besar Anda. Bukan berarti Anda harus mengecilkan ide Anda, hanya saja Anda perlu membuat tangga lebih landai untuk Anda jejaki. Misal meskipun Anda baru bisa mendedikasikan satu jam dari aktivitas Anda untuk menjalankan bisnis. Maka lakukanlah.

Memang mungkin akan memakan waktu lebih lama, tapi konsistensi dan strategi bisnis yang baik akan menuntun Anda mencapai target demi target hingga sampailah di tujuan besar Anda.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa ada banyak hal yang akhirnya harus Anda korbankan, Anda akan dipaksa bekerja dua atau bahkan berkali lipat lebih keras. Bangun pagi disibukkan dengan rutinitas, belum lagi Anda juga harus tetap mejaga hubungan baik itu dengan keluarga dan sesama. Dan masih harus disibukkan dengan urusan bisnis. Well, Dari awal tidak ada yang bilang bahwa ini akan mudah bukan?

Tapi saya percata bahwa setiap perjuangan pasti membuahkan hasil. Lakukan dengan cara yang benar dan konsisten itulah cara orang sukses melakukannya. Selamat Mencoba.

Salam Hebat.