Strategi Presentasi 10/20/30 Untuk Taklukan Investor

Strategi Presentasi 10/20/30 Untuk Taklukan Investor

by 15 August 2015

Mencari investor adalah salah satu solusi pendanaan bisnis yang bisa kita lakukan. Untuk mendapatkannya biasanya kita akan melalui suatu proses yang disebut PITCHING. Atau secara sederhananya proses dimana kita mempresentasikan ide bisnis dan proyeksi bisnis tersebut kepada calon investor.

Sukses tidaknya pitching akan sangat menentukan apakah Anda akan mendapatkan suntikan dana dari investor tersebut atau tidak. Ide yang brilian sekalipun jika tidak tersampaikan dengan baik akan bias dan sulit dipahami jika penyampaian pitchingnya tidak baik. Untuk itu kita perlu mempelajarai kiat-kiat pitching yang benar dan mempesona investor.

Baca artikel sebelumnya : BIZTALK : Bagaimana Menggoda Investor Untuk Mendanai Bisnis Anda?

Selain cara komunikasi verbal dan penampilan yang exelent, hal kecil yang jangan luput untuk Anda persiapkan adalah slide presentasi. Jangan anggap sepele karena hal ini juga akan berpengaruh pada penampilan pitching Anda.

Seorang figur ternama di bidang teknologi Guy Kawasaki dalam blognya membagi tips picthing yang dikenal dengan The 10/20/30 Rule of PowerPoint. Tips ini terbukti berhasil membawanya mendapatkan kucuran dana dari investor untuk bisnis-bisnis yang ia miliki saat ini.

Seperti apakah strategi 10/20/30 ini? Berikut penjelasannya

10

Rangkum ide bisnis Anda ke dalam 10 slide presentasi saja.

Para investor dan Venture Capital biasanya lebih menginginkan presentasi yang to the point tentang inti bisnisnya daripada detail yang terlalu panjang lebar. Menurutnya ada 10 hal yang biasanya ingin diketahui oleh investor yaitu masalah dan insight, solusi yang Anda tawarkan, bisnis model, teknologi yang digunakan, startegi pemasaran, analisis kompetisi, tim yang bekerja, proyeksi danmilestone, status &timeline, kesimpulan & langkah yang akan diambil.

20

Waktu yang efektif untuk PITCHING tidak lebih dari 20 menit.

Pitching yang terlalu lama dan bertele-tele akan memadamkan ketertarikan dan menimbulkan rasa bosan bagi yang memperhatikannya. Pitching bukan hanya tentang bagaimana Anda menyampaikan ide bisnis Anda namun juga ada diskusi dan masukan dari investor.

Untuk itu maksimalkan waktu 20 menit itu untuk menyampaikan ide bisnis Anda dengan ringkas, jelas dan menarik perhatian investor. Biarkan mereka berusaha menggali lebih dalam tentang ide bisnis Anda melalui diskusi ataupun pertanyaan yang mereka ajukan.

30

Ukuran font yang ideal untuk layar presentasi agar nyaman dipandang mata

Banyak yang terjebak ingin memasukan data atau penjelasan sebanyak mungkin ke dalam slide presentasi. Akibatnya slide menjadi sangat penuh dan ukuran font yang terpaksa diperkecil hingga sulit dibaca pada jarak tertentu. Padahal esensi dari slide presentasi hanya untuk memberikan point-point atau data penting dari presentasi. Bukan keseluruhan informasi atau teks yang ingin disampaikan. Apalagi jika disampaikan sambil membaca teksnya di layar presentasi, itu salah besar.

Demikian strategi presentasi 10/20/30 untuk menaklukan investor yang kami dapatkan dari Guy Kawasaki. Selamat Mencoba.

Salam Hebat.