Tips Sukses Dan Laris Berjualan Di Marketplace

Tips Sukses Dan Laris Berjualan Di Marketplace

by 9 August 2015

Tentu Anda sudah tidak asing dengan marketplace seperti olx, bukalapak, tokopedia, dan lain sebagainya. Berjualan di marketplace memiliki banyak keunggulan sehingga jika kita tahu caranya menggunakan marketplace sebagai salah satu chanell penjualan sangatlah menarik dan menguntungkan.

Sederhananya Marketplace ialah sebuah situs atau website di internet yang memfasilitasi terhubungnya penjual dan pembeli suatu barang dalam suatu transaksi. Jika diibaratkan berjualan di toko online (online shop) pribadi adalah seperti membuka toko di tanah pribadi. Maka berjualan di marketplace ibarat membuka toko di mall atau pasar yang sudah ramai dilalui orang yang memang sedang mencari produk yang Anda jual.

Ditambah lagi berbagai marketplace sudah dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang sangat mendukung dan menguntungkan bagi penjual maupun pembeli yang ada di marketplace tersebut. Menariknya lagi, saat ini hampir di semua marketplace yang ada, Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk mendaftar atau membuka toko/akun disana.

Namun dengan berbagai kemudahan dan kelebihnya yang dimiliki marketplace, ternyata tidak semua orang bisa atau belum berhasil memaksimalkan penjualan atau hasil seperti yang diharapkan. Untuk itu saya akan share beberapa tips sukses berjualan di marketplace berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya pada pebisnis di marketplace :

  1. Memilih Marketplace Yang Tepat

Setiap marketplace memiliki karakter dan target yang berbeda. Misalkan OLX untuk barang bekas, Tokopedia dan bukalapak untuk jualan produk baru secara retail, sementara ada marketplace lainnya yang khusus bagi Anda yang menjual produk secara grosir atau wholeseller.

Untuk itu penting bagi Anda memilih marketplace yang paling tepat untuk produk yang Anda jual. Pahami juga sistem dan ketentuan yang diterapkan dalam marketplace tersebut.

  1. Isi Informasi Toko Sedetail Mungkin

Memberikan informasi yang detail akan mempermudah transaksi dan meningkatkan kepercayaan baik itu kepada calon pembeli maupun pihak pengelola marketplace itu sendiri. Ada baiknnya tidak menggunakan nama anonim atau nama yang susah dieja jika itu bukan nama asli atau nama brand toko Anda.

  1. Display Foto Asli, Jelas dan Menarik

Calon pembeli lebih suka dan percaya kepada seller yang memajang foto produk yang ia miliki sendiri. Karena menggambarkan bahwa si seller benar-benar menjual dan memiliki stok produk tersebut. Namun tetap pastikan foto tersebut cukup memberikan gambar dan informasi yang jelas dan tampil menarik.

  1. Penentuan Harga Yang Menarik

Persaingan harga adalah sesuatu yang tidak bisa dielakkan dalam berjualan di marketplace, puluhan penjual produk yang sama akan muncul di satu layar ketika nama suatu produk dicari. Saat itu masalah harga biasanya menjadi sorotan utama calon pembeli.

Saran dari saya agar menarik perhatian pembeli, berikanlah harga sedikit lebih murah sekitar 5ribu rupiah dibanding harga kompetitor (jangan terlalu jauh karena bisa merusak pasar) atau tulis dengan angka yang unik misalkan 699ribu dan sebagainya.

Atau bagi Anda yang sudah memiliki akun yang kredibel beranilah keluar dari persaingan dan berikan penawaran yang lebih menarik lainnya bagi konsumen.

  1. Judul Produk dan Spesifikasi Yang Jelas

Berikan judul produk yang menarik, selain nama produk dan spesifisikasi sebaiknnya tuliskan juga buying keyword serta tuliskan bonus atau diskon yang Anda berikan. Contohnya Jual Hardcase Nilkin +Gratis Screen Guard. Tak lupa sertakan deskripsi produk, sistem pengiriman dan hal-hal yang perlu diketahui pembeli lainnya tidak perlu panjang hingga bertele-tele yang penting jelas dan bisa dimengerti.

  1. Bangun Reputasi

Semakin banyak transaksi dan feedback positif maka akun/toko Anda di marketplace akan semakin ramai dan terpercaya. Jangan sungkan untuk meminta feedback positif dari pembeli yang puas dengan pelayanan Anda. Atau bisa juga Anda membuat program tertentu yang menarik pembeli memberikan feedback tersebut.

  1. Gunakan Fitur Promo Berbayar

Terakhir, cara paling cepat dan mudah agar toko atau akun kita ramai pembeli ialah menggunakan fitur promo berbayar yang disedikan pihak marketplace. Salah satu manfaatnya ialah biasanya produk kita akan ditampilkan dihalaman depan atau disarankan kepada calon pembeli yang sedang mencari produk kita. Mengeluarkan sedikit budget tambahan untuk peningkatan penjualan tentu tidak masalah selama masih sama-sama menguntungkan, untuk itu selalu tes dan ukur tingkat keefektifan dalam beriklan.

Demikian tips kali ini. Semoga Bermanfaat.

Salam Hebat.