5 Kegiatan Yang Bisa Merangsang Ide Kreatif Pengusaha

5 Kegiatan Yang Bisa Merangsang Ide Kreatif Pengusaha

by 7 August 2015

Mentok, kekurangan ide, tidak ada solusi, persaingan makin ketat dan perlu terobosan baru. Kondisi seperti ini lazim ditemui dalam dunia bisnis. Dan modal dasar yang diperlukan untuk mengatasinya adalah kreatifitas.

Namun sayangnya, fokus menjalankan bisnis seringkali membuat kita lupa, menunda atau bahkan tidak sempat lagi melakukan kegiatan lainnya. Dan akhirnya rutinitas yang terlampau padat membunuh kreatifitas dan menutup berbagai potensi. Padahal dinamika bisnis selalu menuntut sesuatu yang baru, berbeda dan lebih baik.

Untuk itu sebaiknya sebagai pengusaha Anda menyeimbangkan kegiatan bisnis Anda dengan kegiatan lainnya yang dapat merefresh pikiran dan merangsang munculnya ide-ide kreatif yang baru. Seperti beberapa kegaitan dibawah ini :

  1. Berolahraga

Selain dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar, aktivitas ini juga bisa merangsang kreatifitas. Baik dari dalam tubuh dimana olahraga dapat mengaktivkan hormon yang merangsang kreatifitas. Atau dari luar tubuh dimana kita bisa bertemu dengan orang baru atau lingkungan baru yang bisa menginspirasi dan memberikan ide baru untuk kita. Misalkan jogging keliling kompleks, senam, gym dan lain sebagainya.

  1. Travelling

Berlibur dan mengunjungi tempat baru cukup efektif untuk membunuh kebosanan apalagi stress yang dihadapi setelah disibukkan dengan rutinitas dan tumpukan pekerjaan. Terlebih ketika kita mampu menyerap hal-hal baru yang kita temui saat melakukan travelling seperti budaya, perilaku, karakter yang berbeda dan beragam potensi yang ada. Hal-hal inilah yang bisa merangsang munculnya kreatifitas.

  1. Membaca Buku

Bagi sebagian orang mungkin membaca adalah sesuatu yang terlihat membosankan. Namun fakta dari sebuah survey menyebutkan bahwa membaca buku lebih efektif dalam mengurangi stress dan meningkatkan daya ikat otak. Sehingga tidak heran jika pengusaha besar seperti Steve Jobs dan Bill Gates bisa memiliki kreatifitas yang luar biasa. Karena kegiatan membacanya saja konon bisa mencapai puluhan buku dalam satu bulan.

  1. Mengunjungi dan atau mengikuti sebuah event

Dengan mengunjungi dan atau mengikuti sebuah event, semisal pameran, bazzar, aktivitas sosial dan lain sebagainya kita bisa menemukan hal baru didalamnya. Entah itu sebuah produk baru, ilmu baru, kenalan baru atau bahkan suasana baru yang belum Anda rasakan.

  1. Berkumpul Bersama Keluarga

Keluarga selalu menjadi tempat kembali disaat apapun yang terjadi. Begitupun dalam menghilangkan kepenatan dan mencari ide atau kreatifitas yang baru. Terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Bermain dengan anak, istri/suami, saudara ataupun orangtua akan mengendurkan kekakuan yang mungkin Anda rasakan dalam kegiatan bisnis. Anda bisa lebih santai dan berkomunikasi dengan lebih sederhana.

Seringkali hal-hal sederhana yang Anda temui saat berkumpul bersama keluarga bisa memunculkan ide baru atau mungkin ide lama yang luput dari pemikiran Anda sebelumnya.

Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda-beda namun apapun itu pada dasarnya ialah hampir semua kegiatan yang bisa menginspirasi dan membuat kita bahagia. Meluangkan sedikit waktu untuk me-recharge kreatifitas ibarat mundur beberapa langkah untuk mengambil lompatan. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.

Salam Hebat.