14 Ide Bisnis Potensial Di Industri Kreatif

14 Ide Bisnis Potensial Di Industri Kreatif

by 30 July 2015

Zaman terus berkembang cara menjadi kaya pun ikut berubah. Dalam sebuah buku berjudul The Whole New Mind karya Daniel H Pink menyatakan bahwa jika di abad 18 dikenal dengan era agraris. Yaitu era dimana mereka yang memiliki dan mengolah lahan pertanian yang luas maka ia akan kaya. Sementara di abad berikutnya dikenal dengan era industri kemudian era informasi dan kini di abad ke 21 kita berada di era konseptual. Era dimana mereka yang memiliki ide bisnis yang inovatif serta memiliki kreatifitas tinggi yang akan berperan di dunia.

Peranan industri kreatif dalam perekonomian suatu negara tidak bisa dipandang sebelah mata karena telah terbukti memberikan pengaruh yang besar. Bahkan di beberapa negara, industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian di negara mereka.

Contoh konkretnya seperti Amerika yang berjaya karena memiliki Sillicon Valey dihuni oleh banyak perusahaan dengan nilai valuasi tinggi, atau Korea Selatan dengan Korean Wave-nya (K-POP, Gangnam Style dsb) yang terbukti meng-influence banyak orang di seluruh dunia dan akhirnya mengangkat perekonomian negaranya.

Bagaimana dengan Indonesia? Meskipun kontribusi industri kreatifnya belum sebesar negara lain. Namun pemerintah telah mencatatkan angka yang cukup mengagumkan dimana ada kontribusi yang cukup besar berasal dari industri kreatif untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kurang lebih sebanyak 7 persen dari Total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) secara Nasional. Hal ini cukup membuktikan bahwa peluang dan ide-ide bisnis di industri kreatif memiliki potensi yang luar biasa untuk di eksplor lebih jauh lagi.

Menyadari hal itu, baik itu pemerintah dan banyak pelaku usaha kini mulai sadar dan melirik ide bisnis di industri kreatif. Bahkan Badan Ekonomi Kreatif pada awal tahun lalu menyatakan bahwa pemerintah mendukung penuh pengembangan industri ini, dan mereka mentargetkan pertumbuhan ekonomi kreatif menyentuh angka 14% di masa pemerintahannya.

Berdasarkan definisi dari Departemen Perindustrian Republik Indonesia, industri kreatif adalah segala bentuk ide bisnis yang memanfaatkan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Lalu apa saja ide bisnis yang termasuk ke dalam kelompok industri kreatif?. Berikut 14 Ide bisnis industri kreatif :

  1. Ide Bisnis di bidang Periklanan
  2. Ide Bisnis di bidang Arsitektur
  3. Ide Bisnis di bidang Pasar Barang Seni
  4. Ide Bisnis di bidang Kerajinan/Handycraft
  5. Ide Bisnis di bidang Desain Grafis
  6. Ide Bisnis di bidang Fashion
  7. Ide Bisnis di bidang Video, Film, dan Fotografi
  8. Ide Bisnis di bidang Game
  9. Ide Bisnis di bidang Musik
  10. Ide Bisnis di bidang Seni Pertunjukan/ Event Organizer
  11. Ide Bisnis di bidang Karya Tulis, Buku, Penerbitan dan Percetakan
  12. Ide Bisnis di bidang Radio dan Televisi
  13. Ide Bisnis di bidang Riset dan Pengembangan
  14. Ide Bisnis di bidang Software atau Sistem

Soal kreatifitas, saya sangat percaya bahwa banyak sekali masyarakat kita terutama anak muda yang memiliki ide, talenta dan kreatiditas yang luar biasa untuk berkembang di industri ini.

Nah dari 14 ide bisnis diatas. Ide bisnis manakah yang paling bisa Anda kembangkan?

Mari berkarya. Salam Hebat.