Walaupun Zaman Serba Online, Jangan Remehkan Media Offline Berikut Ini

Walaupun Zaman Serba Online, Jangan Remehkan Media Offline Berikut Ini

by 16 July 2015

Melakukan promosi atau iklan memang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan bisnis. Karenanya memiliki banyak fungsi dan kegunaan, mulai dari meningkatkan awareness hingga meningkatkan sales atau penjualan.

Hampir semua pebisnis yang ingin bisnisnya terus berkembang pasti melakukan promosi.Bahkan perusahaan kelas atas yang penjualannya stabil dalam angka milyaran sekalipun masih melakukan promosi. Apalagi kita yang masih mulai membangun bisnis.

Di zaman canggih seperti saat ini, terlebih dengan adanya sosial media. Media yang digunakan untuk promosi menjadi lebih beragam dan menjurus ke hal-hal yang serba online. Berpromosi di media online memang terbukti cukup efektif dan relatif murah.

Namun jangan salah dalam banyak kasus melakukan promosi  melalui media jadul atau offline juga masih terbilang sangat efektif dan relevan terlebih belum semua segmen masyarakat Indonesia tersentuh atau akrab dengan internet. Berikut media offline yang masih sangat efektif untuk beriklan atau promosi :

  1. Media TV

Sejak dulu televisi adalah salah satu media paling diminati banyak orang karena menyajikan informasi, edukasi dan hiburan secara visual dan audio kepada penontonnya. Beriklan atau berpromosi di media televisi memiliki keunggulan yaitu jangkauan pemasarannya yang lebih luas dan menyajikan konten yang menarik.

Namun memang promosi di TV memerlukan budget yang cukup mahal, mulai dari biaya pembuatan iklan hingga membayar space iklan di layar televisi. Sehingga tidak aneh jika mayoritas pengguna iklan ini adalah perusahaan korporasi yang sudah besar.

  1. Media Majalah

Meski mulai tergeser oleh media  online, namun majalah yang diproduksi secara fisik masih memiliki tempat di hati masyarakat. Kelebihan dari beriklan di majalah ialah target pembaca yang lebih spesifik. Karena biasanya sebuah majalah memiliki konten yang lebih segmented dan hanya ditujukan pada target pasar tertentu. Dengan ini iklan Anda pun bisa sampai kepada target yang juga lebih sepesifik.

  1. Media Radio

Sebagai salah satu media jadul, beriklan di radio masih menjadi salah satu primadona media yang digunakan oleh banyak orang. Biasanya didominasi oleh usaha-usaha menengah dengan jangkauan pasar lokal daerah tertentu.

Kelebihannya iklan atau promosi di radio ialah menggunakan rangsangan suara dan dilakukan secara berulang-ulang, tanpa sadar iklan tersebut akan menancap di alam bawah sadar pendengar. Sehingga dalam banyak kasus beriklan di radio masih sangat efektif dilakukan. Hanya saja, seringkali iklan di radio dianggap sebagai gangguan dalam hiburan, sehingga kita perlu membuat sebuah iklan yang menarik dan betah untuk didengarkan.

  1. Media Surat Kabar

Meski sudah banyak media atau portal informasi secara online, namun nyatanya pengguna atau pembaca surat kabar masih cukup banyak. Terutama mereka yang belum tersentuh atau kurang cakap dalam dunia internet.

Beriklan di surat kabar memiliki jangkauan yang cukup luas dan bisa diisi dengan konten fleksibel. Meski memang salah satu media yang memiliki masa yang singkat, dimana biasanya koran yang hari ini dibaca besok sudah dibuang atau digunakan untuk kepentingan lainnya.

Apapun medianya sesuaikanlah dengan target pasar dan budget yang Anda miliki. Selamat Beriklan.

Salam Hebat.