Menembus Ketatnya Persaingan Dengan Diferensiasi

Menembus Ketatnya Persaingan Dengan Diferensiasi

by 14 July 2015

Persaingan adalah hal yang pasti terjadi dan harus dihadapi oleh kita semua sebagai pelaku bisnis. Dalam satu keadaan persaingan memang bisa mengancam eksistensi usaha kita, namun jika kita memandang dari sudut pandang lainnya, persaingan justru tantangan bagi kita untuk meningkatkan level bisnis kita dari berbagai hal.

Memberikan dan menawarkan sesuatu yang berbeda bagi target pasar kita adalah salah satu solusinya. Menjadi berbeda atau dalam ilmu bisnis biasa disebut diferensiasi bisa kita lakukan untuk keluar dari ketatnya persaingan. Apalagi jika produk yang kita jual adalah barang komoditas, tanpa strategi yang baik kita bisa terjebak dalam persaingan harga atau persaingan tidak sehat lainnya.

Berikut beberapa keuntungan melakukan diferensiasi diantaranya :

  1. Bisnis Kita Lebih Mudah Diingat

Bayangkan jika kita melintas ke toko-toko yang menjual produk yang sama. Biasanya kita akan memilih untuk membeli di toko tersebut secara acak. Namun bandingkan jika ada salah satu toko yang menawarkan produk yang sama namun toko tersebut nampak lebih mencolok dan unik. Minimalnya kita akan tertarik untuk masuk dan melihat kedalam. Begitupun setelahnya, kita akan lebih mudah mengingat ciri-ciri toko tersebut dan bahkan menceritakannya kepada orang lain. Itulah mengapa diferensiasi akan memudahkan orang mengingat bisnis kita.

  1. Harga Jual Bisa Lebih Tinggi

Ketika sebuah produk atau layanan itu menjadi sesuatu yang unik, menarik dan memberikan kepuasan, maka perbedaan harga adalah hal yang akan diterima oleh pelanggan. Dengan sentuhan diferensiasi, produk yang sama akan memiliki value yang lebih besar sehingga orang akan mau membayar lebih banyak. Dan otomatis kita akan terbebas dari persaingan harga dengan kompetitor.

  1. Mengatasi Kejenuhan Pasar

Bisnis atau produk apapun suatu saat pasti akan mengalami kejenuhan pasar. Manusia memerlukan sesuatu yang baru dan berbeda. Dan dengan melakukan diferensiasi pada bisnis yang kita jalankan kita bisa terhindar dari hal itu bahkan selangkah lebih depan dari kompetitor kita.

Melakukan diferensiasi bisa dari berbagai aspek. Bisa mengubah atau menambahkan value dari konten ataupun konteksnya. Konten ialah hal-hal yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual. Misalkan variasi produk, kemasan yang unik dan sebagainya.

Sementara konteks adalah hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana kita menyampaikan value dari produk kita kepada target pasar. Misalkan tema outlet, aktivasi branding, gimmick atau budaya tertentu dalam bisnis Anda.

Melakkan diferensiasi tidak selalu membuat kita harus mengeluarkan budget yang besar. Dengan kreatifitas dan strategi yang tepat, hal-hal kecil yang kita tambahkan sebagai diferensiasi bisa jadi membuat bisnis kita berbeda dan lebih baik. Dan sebisa mungkin diferensiasi yang kita lakukan adalah hasil dari riset dan analisa, bukan asal kreatif namun juga produktif.

“Jika tidak jadi yang pertama, maka jadilah yang terbaik. Jika tidak keduanya maka jadilah berbeda”

Salam Hebat.