7 Elemen Yang Harus Kita Pahami Dalam Sosial Media Marketing

7 Elemen Yang Harus Kita Pahami Dalam Sosial Media Marketing

by 8 July 2015

Di tahun 2015 jumlah pengguna internet di Indonesia makin bertambah. Sebuah situs menyebutkan bahwa pengguna internet telah mencapai hampir 30% masyarakat Indonesia. Artinya 1 dari 3 orang di Indonesia sudah terhubung dengan internet. Dan lebih dari setengahnya dihabiskan untuk berselancar di sosial media.

Sehingga tentu, sosial media menjadi wadah berkumpul yang baru bagi banyak orang. Dan dimana ada banyak orang maka disitu ada peluang. Memasarkan bisnis di sosial media menjadi salah satu alternatif memulai bisnis yang mudah dan murah. Namun tetap saja ternyata tidak semua orang berhasil menjalankannya karena berbagai hal.

Belajar dari para pengalaman dan mastah pebisnis yang sukses menggunakan sosial media. Ternyata ada 7 elemen penting yang harus kita perhatikan dan penuhi untuk sukses menggunakan sosial media sebagai salah satu chanell pemasaran :

  1. WHAT – Tujuan

Tetapkan tujuan atau target apa yang ingin kita capai. Meningkatkan awareness, meningkatkan penjualan, branding, atau apa?. Tanpa tujuan dan target yang jelas promosi dan berbagai aktifitas di sosial media kita tidak akan terukur dan terarah. Akhirnya dana yang kita keluarkan tidak mampu memberikan feedback yang efektif seperti yang diharapkan. Dengan tujuan yang jelas, kita bisa memecahnya menjadi target-target kecil untuk dilakukan dan bisa dievaluasi secara berkala.

  1. WHO – Target Pasar

Siapa target pasar produk atau bisnis kita ditujukan?. Ibarat memanah,agar kita bisa menancapkan panah dengan tepat kita harus fokus pada satu titik sasaran. Dengan menentukan segmen, target dan positioning yang jelas dan detail akan memudahkan kita untuk melakukan pemasaran yang tepat sasaran.Untuk menentukan target pasar ada baiknya kita melakukan riset baik secara online ataupun offline terlebih dahulu.

  1. WHERE- Media

Dimana target pasar kita berkumpul?. Dalam konteks sosial media marketing maka kita berbicara sosial media apa yang digunakan oleh target pasar. Pelajari platform yang mereka gunakan, karena beda target tentu beda platform sosial media yang mereka gunakan. Jangan sekedar ikut-ikutan tren sosial media yang sedang berkembang, tapi pahami kemana target pasar berada.

  1. WHY- Konten

Apa yang membuat target pasar kita harus membeli produk kita? Temukanlah insight dari target pasar kita . Lalu buatlah konten dengan gaya komunikasi, iklan, promosi yang mereka sukai dan menjawab kenapa mereka harus membeli dari Anda.

  1. WHEN- Timing

Kapan waktu yang tepat dan berapa lama pemasaran sosial media kita jalankan? Tiap sosial media bahkan tiap target pasar memiliki prime time promosi yang berbeda. Dengan memahami hal tersebut pemasaran yang kita lakukan akan lebih efektif dan tepat sasaran.

  1. HOW- Strategi

Bagaimanakita mengolah dan menyusun data yang kita dapat dari 5 point diatas menjadi sebuah strategi pemasaran sosial media yang jitu?. Belajar, pahami dan praktikan ilmu yang kita miliki. Dengan sistem Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tersusun dengan baik maka strategi sosial media kita kemungkinan besar akan berhasil.

  1. HOW MUCH- Tes dan Ukur

Selalu tes dan ukur adalah kebiasaan sukses dalam bisnis online. Kita harus tetap berhitung, selain berbicara tentang berapa budget dikeluarkan?. Hal ini juga berbicara tentang seberapa banyak target yang tercapai?. Hal ini penting agar kita dapat mengukur efektifitas suatu strategi marketing serta mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar dari aktifitas pemasaran yang tidak efektif.

Ketujuh elemen diatas terkait satu sama lain. Sehingga satu saja luput dari perhatian Anda, pemasaran sosial media Anda akan kurang maksimal. Sudahkah Anda menyiapkan itu semua dalam strategi sosial media Anda?

Salam Hebat.