Aplikasi Yang Wajib Dipasang Pebisnis Online

Aplikasi Yang Wajib Dipasang Pebisnis Online

by 4 July 2015

Saat ini hampir semua orang sudah terkoneksi dengan internet. Tiap orang bahkan bisa memiliki dua atau tiga gadget sekaligus. Perilaku konsumen mulai berubah, segalanya ingin serba cepat dan mudah. Dan disitulah peluang bisnis online terbuka lebar.

Dengan bermodalkan gadget/smartphone yang kita miliki kita bisa mulai mengumpulkan rupiah. Tidak punya produk sendiri bisa jadi reseller atau agent. Tidak punya modal untuk stock barang, jadi dropshiper saja. Banyak produk yang Anda bisa jualkan bermodalkan gambar produk saja. Tinggal berselancar melakukan promosi dan menunggu transaksi.

Untuk menunjang kelancaran bisnis online smartphone dengan sistem Android maupun iOs telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang mendukung kelancaran bisnis. Berikut ini jenis-jenis aplikasi yang biasanya digunakan banyak pebisnis online :

  1. Aplikasi Social Media

Membuka Facebook, Twitter, Instagram atau sosial media apapun yang digunakan untuk memasarkan produk menjadi lebih mudah dengan menginstall aplikasi tersebut di gadget Anda. Dan bahkan bagi Anda yang memiliki beberapa akun di satu sosial media yang sama sekalipun bisa menginstallkannya dalam satu gadget. Sehingga Anda bisa tetap menyapa dan berbagi berita, kabar gembira seperti promo dan sebagainya dengan lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja.

  1. Aplikasi Messenger

Melayani pelanggan tak sebatas melalui SMS ataupun telepon. Kini tersedia banyak aplikasi percakapan atau Messenger seperti BBM, Messenger, WhatsAPP, Line, WeChat dan lain sebagainya. Bahkan fitur-fiturnya pun terus berkembang dan makin canggih, mulai dari hanya berkirim pesan teks, gambar, suara hingga video.

  1. Aplikasi Cek Ongkir

Ketika calon pembeli menanyakan ongkos kirim tentu akan cukup ribet dan lama jika kita mencari informasinya di web dengan membuka PC atau malah menelpon jasa pengiriman tertentu. Maka untuk mempercepat pelayanan sebaiknya kita menginstall aplikasi-aplikasi penghitung ongkir semisal JNE, Raja Ongkir, CekResi dan lain sebagainya di gadget Anda.

  1. Aplikasi Edit Photo

Dalam bisnis online, visual memegang peranan penting dalam meningkatkan tingkat closing. Editor Photo sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan ukuran foto dengan platform sosial media taupun messenger ketika akan di upload, menambah caption, watermark ataupun edit sedikit agar nampak lebih cantik. Beberapa aplikasi edit photo yang populer diantaranya InstaText, picsArt, PhotoGrid dan lain sebagainya.

  1. Aplikasi Perbankan

Aplikasi ini sangat bermanfaat dan memudahkan Anda dalam menangani urusan perbankan.

Ketika kita sibuk, tidak sempat atau malas mondar-mandir ke ATM untuk men-transfer uang atau memeriksa transfer-an dari pembeli. Aplikasi internet banking sangat membantu untuk melakukan hal ini. Dengan begitu setiap aktifitas transaski perbankan bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja melalui gadget yang Anda pegang.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam HEBAT.