5 Ide Bisnis UKM Yang Sangat Potensial

5 Ide Bisnis UKM Yang Sangat Potensial

by 27 June 2015

Bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah menjadi salah satu penggerak perekonomian di negara kita. Pertumbuhan korporasi yang rendah dan belum merata, terlebih sebagian besar dimiliki oleh pihak asing membuat kita harus lebih giat lagi membangun perekonomian negeri ini. Salah satunya ialah menggerakan dan meningkatkan potensi ide bisnis UKM.

Selain dapat menyerap tenaga kerja, sebuah data menyebutkan bahwa bisnis skala UKM di negara kita menyumbang sekiatar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto). Itu menunjukan bahwa potensi dari berbagai ide bisnis UKM ini sangat besar.

Nah bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis UKM apa yang ingin Anda kerjakan. Berikut ini beberapa ide bisnis UKM yang potensial dan terbukti memberikan sumbangsih yang besar bagi perekonomian :

  1. Ide Bisnis Kuliner

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan mati selama manusia butuh makan. Hal itu ada benarnya, karena nyatanya banyak UKM dengan beragam ide bisnis kuliner di Indonesia bisa sukses dan bertahan. Dengan sentuhan inovasi dan diferensiasi, ide bisnis yang sudah pasaran atau sudah biasa bisa menjadi ide bisnis yang segar, menarik dan dicari banyak orang.

  1. Ide Bisnis Fashion

Kebutuhan primer manusia lainya adalah pakaian. Namun tentu saja saat ini, orang tak cukup hanya menggunakan pakaian sebagai penutup tubuh. Namun ada kesan mode, tren, dan kualitas tertentu yang diharapkan seseorang ketika menggunakan pakaian. Sehingga saat ini kebutuhan fashion seseorang terus berkembang dan tidak hanya berkutat pada pakaian melaikan segala hal yang dikenakan seseorang. Untuk Anda yang berminat pada ide bisnis fashion, Anda harus selalu up date pada perkembangan tren dan kebutuhan konsumen.

  1. Ide Bisnis Agrobisnis

Jika diibaratkan ide bisnis kuliner adalah hilirnya, maka agrobisnis adalah hulunya. Karena hampir semua makanan atau ide bisnis kuliner memerlukan bahan yang berasal dari pertanian atau agrobisnis. Namun berkurangnya jumlah lahan dan petani menyebabkan pemenuhan kebutuhan pertanian saat ini makin menipis, sehingga Indonesia harus mengimpor berbagai kebutuhan pangan. Untuk itu, ide bisnis yang satu ini masih potensial, permintaannya cukup banyak namun suplai dalam negeri masih kurang.

  1. Ide Bisnis Pendidikan

Bisa dikatakan bahwa orang yang berpendidikan ia akan menentukan masa depan. Kita tahu bahwa negara-negara yang masyarakatnya memiliki tingkat pendidikan yang baik cenderung lebih maju dalam berbagai aspek. Dan Indonesia pasar ide bisnis pendidikan masih sangat potensial. Berbisnis pendidikan adalah hal mulia, selain bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit kita juga telah berpartisipasi menciptakan generasi penerus yang lebih baik. Ide bisnis pendidikan diantaranya sekolah, bimbingan belajar, kursus, lembaga pelatihan, dan lain sebagainya.

  1. Ide Bisnis Teknologi

Perkembangan teknologi makin hari makin canggih. Banyak yang bilang orang yang menguasai teknologi bisa menguasai dunia. Mungkin sedikit ada benarnya, karena saat ini orang sudah banyak bergantung pada teknologi. Sehingga memulai bisnis yang berbasis ide bisnis yang bergerak di bidang teknologi atau yang lebih populer disebut Startup ini terbukti menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Nah itu dia beberapa ide bisnis UKM yang sangat potensial untuk kita kembangkan. Semoga Bermanfaat. Salam Hebat.