Rahasia Orang Sukses Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

Rahasia Orang Sukses Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

by 21 June 2015

Memasuki bulan Ramadhan 1436 H, bulan yang suci dimana umat Islam melakukan puasa selama hampir kurang lebih 12 jam sehari selama satu bulan penuh. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada berbagai sisi kehidupan mulai dari sisi religi, sosial, ekonomi, dan tentu saja produktifitas dalam bekerja maupun berbisnis.

Terlebih bagi Anda yang memiliki aktifitas dan rutinitas pekerjaan yang padat di siang hari. Tidak makan dan minum seharian penuh, sedikit banyak akan mempengaruhi tenaga, pikiran dan konsentrasi kerja. Namun sebagai tanggung jawab, Anda harus tetap profesional menjalankannya dengan baik. Dan untuk itu dibawah ini ada beberapa tips yang saya rangkum dan simpulkan dari orang-orang yang sukses di karir pekerjaannya maupun usahanya agar tetap produktif dan semangat di Bulan Ramadhan:

  1. Usahakan Selalu Makan Sahur

Meskipun kadang malas dan tidak nafsu makan di jam tersebut. Namun sahur adalah kesempatan terbaik kita untuk menyiapkan cadangan energi agar tubuh kuat menjalani aktifitas di siang hari. Untuk itu pastikan untuk selalu makan sahur dengan makanan yang bergizi dan nutrisi seimbang. Makan sahur terbaik adalah mendekati imsak.

  1. Jangan Tidur Usai Shubuh

Waktu shubuh adalah masa dimana pikiran dan konsentrasi kita masih sangat fokus. Untuk itu ada baiknya kita gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang produktif entah itu mencicil pekerjaan kantor, rumah atau melakukan ibadah lainnya. Tidur setelah shubuh bisa menjadi kebiasaan yang kurang baik. Karena biasanya kita akan terlalu nyaman tidur, malas beraktifitas dan mood untuk produktif berkurang.

  1. Buat List Pekerjaan

Menuliskan daftar pekerjaan akan sangat membantu Anda untuk bekerja. Selain mencegah kita melupakan hal-hal yang harus kita kerjakan, list pekerjaan juga dapat memacu kita untul lebih bersemangat bekerja. Coret tiap pekerjaan yang sudah kita kerjakan agar termotivasi untuk segera menyelesaikan semuanya. Dengan itu kita tahu kapan kita bisa istirahat atau mengakhiri pekerjaan.

  1. Ketika Mengantuk, Lakukan Peregangan

Bangun terlalu pagi, beraktifitas dengan perut kosong tak lengkap jika belum mendapat godaan kantuk. Namun hal ini perlu kita kendalikan terlebih di saat jam kerja atau jam produktif kita. Lakukan berbagai cara untuk menahannya, mulai dari mencuci muka, sejenak berkeliling kantor, ngobrol dengan teman atau melakukan peregangan otot.

  1. Shalat Tepat Waktu

Disiplin waktu adalah salah satu kunci produktifitas. Meluangkan waktu untuk melaksanakan kewajiban sholat dengan tepat waktu akan sangat membantu dan melatih kita untuk disiplin terhadap waktu ibadah dan waktu bekerja maupun berbisnis.

  1. Manfaatkan Waktu Istirahat

Selama bulan Ramadhan tentu ada sedikit penyesuaian jadwal. Salah satunya ialah istirahat jam makan siang yang biasa kita gunakan untuk makan. Waktu tersebut bisa kita gunakan untuk lebih produktif, misalkan lanjut bekerja dengan konsekuensi pulang lebih awal.

Jika tidak bisa, waktu tersebut bisa kita gunakan untuk tidur siang sejenak. Selain kesempatan tubuh untuk beristirahat, tidur siang terbukti dapat membangkitkan mood dan memperbaiki kinerja otak. Namun tentu saja , tidur siang terlalu lama sangat tidak dianjurkan, 20-45 menit adalah durasi yang ideal untuk tidur siang. Jika memang memungkinkan sempatkanlah untuk tidur siang.

Demikian tips kali ini. Selamat Menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Tetap produktif dan semangat.

Salam Hebat.