Terlalu Banyak Ide? Berikut Tips Memilih Ide Bisnis Yang Tepat

Terlalu Banyak Ide? Berikut Tips Memilih Ide Bisnis Yang Tepat

by 15 June 2015

Jika sebagian orang bingung memulai usaha karena belum menemukan ide bisnis, beberapa orang malah kebingungan karena terlalu banyak ide bisnis yang terlintas di pikiran, namun tidak tahu harus memilih yang mana?. Apakah Anda pernah atau mungkin sedang merasakan hal tersebut?.

Peluang atau ide bisnis bertebaran dimana-mana. Namun memang tidak harus dan tidak mungkin semua ide bisnis tersebut bisa kita lakukan sekaligus. Ada baiknya kita fokus pada satu ide bisnis dahulu hingga bisnis itu bisa berjalan.

Namun memilih ide bisnis yang sebaiknya dipilih memang gampang-gampang susah. Meskipun sebenarnya ada banyak cara atau metode yang bisa dilakukan, dalam teori manajeman ilmu ini disebut Studi Kelayakan Bisnis. Beberapa metode yang populer diantaranya metode SWOT, diagram ikan, business canvas dan lain sebagainya.

Namun pada intinya ada 3 hal yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih ide bisnis, yaitu sebagai berikut :

  1. Konsep Bisnis

Hal pertama tentu adalah dari sisi konsep ide bisnis yang kita miliki. Apa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut? Keunggulan atau value apa yang bisa kita berikan? Bagaimana bisnis ini berjalan? Dan segala hal lain yang berkaitan dengan konsep detail bisnis tersebut. Sebagai sisi idealis, tentu ide yang paling unik dan brilian adalah ide bisnis yang sebaiknya kita ambil.

  1. Kondisi Pasar

Banyak ide bisnis yang brilian dengan produk yang fantastis namun di lapangan, pasar belum atau bahkan tidak membutuhkan bisnis/produk tersebut. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui, menganalisis dan memetakan kondisi pasar. Apakah produk kita dibutuhkan banyak orang? Siapa yang menjadi target pasar produk atau bisnis kita? Bagaimana kondisi persaingan yang ada?.

Jika perlu gunakan data dan fakta yang ada. Ini adalah sisi realistis yang perlu Anda perhitungkan maka dari sisi ini ide bisnis yang sebaiknya diambil adalah ide bisnis yang memiliki permintaan pasar dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi.

  1. Kemampuan Merealisasikan

Setelah mengetahui sisi idealis dan realistis dalam menjalankan ide bisnis, maka saatnya kita mencari titik temu antara keduanya. Ide bisnis yang bagus, permintaan pasar sudah ada, namun kita tidak memiliki kemampuan untuk merealisasikannya. Maka ide bisnis sulit berjalan.

Kemampuan disini memiliki konteks yang luas. Meliputi skill, pengetahuan, relasi, tenaga, waktu, permodalan dan lain sebagainya. Ukurlah kemampuan diri Anda. Apa saja hal yang Anda miliki dan bisa Anda berikan untuk mencapainya?. Adakah strategi atau solusi lain yang bisa dilakukan yang masih bisa diusahakan untuk melakukan ide bisnis tersebut?.

Ambilah ide bisnis yang mampu Anda lakukan segera dengan kemampuan yang Anda miliki.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih ide bisnis. Sekarang ambil catatan dan tulislah daftar ide bisnis yang Anda pikirkan kemudian analisislah berdasarkan 3 hal diatas. Ambillah ide bisnis yang paling bagus, dengan kondisi pasar yang baik disertai dengan kemampuan Anda mewujudkannya.

Salam Hebat.