Sisi Inspiratif Dari Bermain Golf Yang Harus Anda Tahu

Sisi Inspiratif Dari Bermain Golf Yang Harus Anda Tahu

by 9 June 2015

Apakah ada diantara sahabat semua yang suka bermain golf? Atau mungkin malah jago melakukan olahraga ini?. Akhir-akhir ini saya cukup intens bermain golf, berawal dari sekedar menerima ajakan seorang mitra bisnis. Kini saya sendiri mulai menyukai hobi ini dan ketagihan untuk bermain.

Jujur saja saya tidak pandai bermain golf, bahkan pada awalnya saya sedikit kaku dan tidak terbiasa, namun setelah beberapa kali berlatih sedikit-sedikit saya mulai menyesuaikan diri. Bagi saya pribadi golf sangat menarik. Tidak hanya baik untuk kesehatan, golf juga memiliki banyak filosofi bermakna yang selalu mengajarkan saya untuk terus melakukan yang terbaik.

Golf membiasakan kita untuk berani membidik target yang jauh, meskipun lobangnya kecil dan mungkin nyaris sulit terlihat tapi hal itu sangat mungkin untuk dituju. Yang kita butuhkan bukan sekedar energi untuk melambungkan bola, namun butuh strategi yang tepat dan kesabaran dalam menaklukan setiap hole nya.

Sehingga benar adanya bahwa dalam olahraga, terutam golf khususnya. Lawan kita sesungguhnya adalah diri sendiri. Kemampuan untuk memahami keadaan, kemudian menganalisa dan mengambil keputusan adalah salah satu prinsip penting dalam permainan ini.

Golf seolah mengingatkan saya untuk tidak pernah merasa pintar. Usai melakukan beberapa pukulan bagus jangan lalu berbangga, karena akan ada saja kemungkinan pukulan yang jelek setelahnya. Tidak berbeda halnya dengan bisnis dan kehidupan. Akan selalu ada pukulan-pukulan jelek sebagus apapun kita bermain. Akan selalu ada kegagalan maupun kesalahan yang kita buat meskipun sebenarnya kita sudah mengetahui hal tersebut secara teoritis maupun pengalaman.

Hanya saja sebagian orang mungkin akan berhenti, menyerah dan menganggapnya sebagai kesialan. Lalu kemudian merasa bahwa hal tersebut tidak mungkin berhasil. Sementara sebagian kecil orang, justru semakin bersemangat untuk kembali mencoba. Bertanya dalam dirinya “kenapa hal itu terjadi?” dan “bagaimana cara untuk bisa lebih baik lagi?”. Mereka pandai mengambil pelajaran dari kesalahan dan kegagalan yang mereka alami.

Sebagian orang menjadi lemah dengan kesalahan dan kegagalan, sebagian kecil orang menjadi KUAT karenanya. Saya yakin, Anda dan saya serta kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih hebat jika kita selalu bangkit ketika mengalami kegagalan dan berusaha untuk selalu lebih baik dari sebelumnya.

Salam Hebat.