Ingin Sukses Berbisnis Sambil Kuliah? Lakukan 6 Hal Ini

Ingin Sukses Berbisnis Sambil Kuliah? Lakukan 6 Hal Ini

5 June 2015

Bagaimana menyeimbangkan antara bisnis dan kuliah? Pertanyaan ini sering muncul  dari orang-rang yang sedang atau ingin berbisnis sambil kuliah. Entah itu seorang mahasiswa yang ingin mulai berbisnis, atau sebaliknya seorang pebisnis yang ingin melanjutkan kembali pendidikannya di bangku perkuliahan.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa berbisnis sambil kuliah adalah hal yang sulit dilakukan bersama. Biasanya ada satu diantaranya yang akhirnya terbengkalai. Entah itu nilai kuliah turun atau malah jadi sering bolos kuliah karena mengurus bisnis. Atau sebaliknya, bisnis jadi tidak karuan karena disibukkan kegiatan kuliah.

Keduanya sama pentingnya, sehingga patut diperjuangkan. Memang tidak mudah, namun nyatanya banyak juga yang berhasil dan sukses berbisnis sambil kuliah. Sukses dalam usaha yang dijalankan,  serta lulus gemilang menjadi seorang sarjana. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk sukses berbisnis sambil kuliah :

  1. Buatlah Komitmen

Temukan alasan kuat kenapa kita harus menjadi sarjana? Kenapa kita harus menjadi pengusaha?. Buatlah komitmen yang kuat atau janji pada diri sendiri untuk menyelesaikan keduanya. Lulus sebagai sarjana dan sukses sebagai pengusaha. Tanpa komitmen, tujuan yang ingin dicapai akan dilepas begitu saja ketika menghadapi tantangan. Ingat bahwa menjalankan bisnis sambil kuliah berarti kita harus siap menghadapi berbagai kesibukan dan usaha yang lebih keras.

  1. Mengukur Kemampuan Diri

Meskipun kita bersemangat untuk melakukan keduanya, kemampuan seseorang ada batasnya dan berbeda satu sama lain. Jadi jika satu hal berguna bagi orang lain belum tentu hal tersebut akan berguna juga bagi kita.

Misalnya dalam pengambilan rencana studi kita perlu melakukan penyesuaian dengan kegiatan bisnis yang dijalankan. Jika dirasa waktu, tenaga dan pikiran kita tidak mampu mengambil banyak SKS, maka tidak ada salahnya memilih dan mengambil jumlah sks yang dirasa mampu diikuti saat itu. Yang terpenting adalah kita bertanggungjawab untuk mengikuti perkuliahan dan belajar dengan baik pada mata kuliah tersebut.

Begitupun sebaliknya, jangan karena tiba-tiba mendapat project atau orderan dengan nilai fantastis kita ambil begitu saja dan mengorbankan banyak hal termasuk perkuliahan. Tanpa mengukur kemampuan kita memenuhi permintaan tersebut. Ada baiknya semua dilakukan bertahap.

  1. Buatlah Agenda Dan Atur Waktu Sebaik Mungkin

Waktu 24 jam terkadang terasa terlalu cepat ketika kita memiliki kesibukan yang padat. Tapi itulah tantangan berbisnis sambil kuliah, bagaimana sebisa mungkin kita mengelola waktu agar bisa memberikan hasil maksimal. Buatlah jadwal harian, kapan saatnya melakukan kegitaan bisnis, waktu belajar, mengeerjakan tugas, istirahat dan lain sebagainya. Disiplinkan diri Anda untuk melaksanakan agenda yang sudah Anda buat.

  1. Fokus Pada Apa Yang Sedang Dilakukan

Anda harus bisa menempatkan konsentrasi dan fokus Anda sesuai dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Jika waktunya berbisnis fokuslah pada bisnis, jika waktunya kuliah fokuslah pada pelajaran, jika perlu matikan ponsel Anda saat di dalam kelas.

  1. Bentuklah Kelompok Belajar

Bentuk atau masuklah ke kelompok belajar dimana ada salah satu atau beberapa orang yang memang fokus di bidang akademis. Selain untuk berbagi tugas jika ada tugas yang dikerjakan secara berkelompok. Kelompok belajar ini sangat berguna untuk mengingatkan kita pada agenda akademis yang mungkin luput dari perhatian kita. Misalkan jadwal pengganti, deadline tugas kuliah, materi perkuliahan dan lain sebagainya. Dan tentunya kelompok belajar juga sangat memungkinkan Anda untuk belajar bersama atau sekedar bertanya tentang pembelajaran perkuliahan yang mungkin Anda belum pahami.

  1. Jangan Pernah Menunda

Berbisnis sambil kuliah akan membuat Anda memiliki jadwal atau kesibukan yang padat. Satu hal yang haram dilakukan adalah menunda. Satu kali menunda maka pekerjaan lainnya akan semakin menumpuk dan menunda hasil yang mungkin harusnya kita dapatkan segera. Ketika ada tugas kuliah, kerjakan sesegera mungkin, begitupun sebaliknya jika ada urusan bisnis, jangan pernah menunda.

Cukup menantang memang menjalani dua kegiatan yakni berbisnis sambil kuliah, perlu komitmen dan disiplin agar semua bisa berjalan dengan baik. Namun ketika hal tersebut sudah menjadi habit atau kebiasaan maka hal tersebut akan menjadi hal yang menyenangkan.

Salam Hebat.