Nasihat Penting Dari 7 Milyader Dunia Untuk Lulusan Perguruan Tinggi

Nasihat Penting Dari 7 Milyader Dunia Untuk Lulusan Perguruan Tinggi

1 June 2015

Masa-masa kelulusan selalu menjadi moment yang berkesan bagi banyak orang. Sekaligus menjadi gong yang menandakan akhir dari masa pendidikan serta awal dimulainya sebuah perjalanan baru.  Beberapa lulusan mungkin sudah memiliki rencana dan merancang karir kesuksesanannya setelah lulus nanti, namun tak sedikit juga dari mereka yang masih gamang akan masa depannya.

Sejumlah perguruan tinggi di Amerika, memiliki kebiasaan mengundang milyader atau tokoh dunia yang inspiratif untuk berbicara di hadapan lulusannya saat acara wisuda. Dengan harapan, mereka bisa terinspirasi dan termotivasi untuk berkarya setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut.

Dilansir dari laman Forbes, berikut adalah kumpulan nasihat penting dari 7 milyader di dunia kepada lulusan perguruan tinggi :

  1. Steve JobsApple

“Hiduplah setiap hari seperti hari terakhirmu” – Stanford University 2005

Dalam pidatonya Steve Jobs ingin memotivasi lulusan untuk melakukan yang terbaik setiap hari. Selalu melakukan perubahan yang lebih baik dari apa yang ada sebelumnya. Sehingga ketika hari itu benar-benar hari terakhirmu, kita sudah memberikan yang terbaik yang bisa kita lakukan.

  1. Bill GatesMicrosoft

“Bagi mereka yang telah banyak diberi, banyak juga yang diharapkan dari mereka” – Harvard University, 2007

Bill Gates bercerita tentang nasihat ibunya yang disampaikan ketika ia menikah. Yang intinya ialah apa yang telah kita miliki atau diberikan orang lain kepada kita harus kita  gunakan dan manfaatkan sebaik mungkin. Karena orang-orang di sekeliling kita berharap mendapatkan hidup yang lebih baik lagi.

  1. Mark ZuckerbergFacebook

“Lebih mudah untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai” -Belle Haven Community School 2011

Mark berpesan kepada lulusan untuk segera menemukan passion dan terus mengembangkannya. Karena mengerjakan sesuatu yang kita sukai, tantangan dan kesulitan sekalipun tidak akan menjadi alasan untuk berhenti melakukannya.

  1. Micahel DellDell Computer

“Jangan menjadi orang terpintar di dalam ruangan” – University Of Texas, 2003

Yang dimaksud orang terpintar disini ialah mereka yang merasa pintar dan dapat melakukan semuanya sendiri. Atau hanya pintar secara akademis saja. Ia ingin sampaikan bahwa untuk mendapatkan kesuksesan yang besar para lulusan harus bisa mengaplikasikan ilmunya, bekerja sama dengan orang lain dan membangun networking seluas mungkin.

  1. Larry PageGoogle

“Taklukan mimpi besar, tidak ada kompetisi” – University of Michigan, 2009

Larry Page meyakinkan lulusan untuk tidak takut bermimpi besar hingga orang lain menganggap kita gila. Justru karena tidak banyak orang yang berani mewujudkannya hingga peluang tersebut menjadi minim persaingan. Dan itulah yang terjadi pada Google.

  1. Jerry Yang –Yahoo

“Jangan biarkan berita membuatmu patah semangat”- University of Hawaii, 2009

Di setiap masalah pasti ada solusi. Dan jika kita selalu berpikir optimis, justru banyak peluang yang bisa kita ambil ketika suatu masalah terjadi.

  1. Reid HoffmanLinked In

“Jadilah pemberontak dan jadilah orang yang benar” – UC Berkeley School of Information, 2011

Lulusan harus berani melakukan hal yang baru. Selama itu benar dan membawa dunia menjadi lebih baik. Lakukan.

Semoga Menginspirasi. Salam Hebat.