Dari Youtube, Bocah 9 Tahun Raup Penghasilan Rp 1,4 Milyar/Bulan

Dari Youtube, Bocah 9 Tahun Raup Penghasilan Rp 1,4 Milyar/Bulan

12 May 2015

Pernahkah Anda membayangkan punya penghasilan milyaran di umur yang masih muda? Atau pernahkan Anda berpikir jika Anda bisa dibayar hanya untuk bermain? Itulah yang terjadi pada Evan, seorang anak berusia 9 tahun yang mengunggah video bermainnya ke Youtube kemudian mendapatkan penghasilan yang fantastis.

Berawal dari sang Ayah yang merupakan seorang pemilik perusahaan video production. Ia kemudian iseng mengabadikan moment saat anaknya Evan bermain. Lalu video tersebut ia edit dan upload di Youtube sebagai koleksi pribadi, tidak terpikirkan sebelumnya bahwa hal tersebut bisa menjadi ladang penghasilan.

Tak disangka video tersebut mendapat banyak respon yang positif, hingga saat ini chanels yang ia namakan EvanTubeHD di subscribe oleh 1.412.650 orang di dunia dan rata-rata video yang diunggah tersebut di tonton 8juta kali. Tidak sekedar bermain dan mendapatkan penghasilan dari Youtube, Evan juga mendapat bayaran dari perusahaan mainan atas review games atau mainan yang ia gunakan di video.

Senada dengan itu masih ingatkah Anda dengan Sinta Jojo dan Norman Kamaru yang mendadak menjadi artis setelah videonya di Youtube?. Tidak hanya Youtube, media sosial lain seperti Twitter, Facebook, Instragram dan lainnya pun sukses melahirkan jutawan bahkan miliader baru dengan berbagi cara. Bisa karena meningkatnya popularitas lalu menjadi artis, dianggap pakar di bidang tertentu, motivator, penulis, hingga lahirnya pebisnis-pebisnis baru.

Itulah kekuatan media saat ini seringkali konten yang kita anggap biasa, ketika itu sudah menjadi hak publik dengan disebarkan melalui sosial media. Publik akan memiliki penerimaan yang berbeda-beda. Dan seringkali tidak kita sangka ternyata bagi orang lain, konten yang kita unggah itu menjadi sesuatu yang bermanfaat, berkesan atau mewakili apa yang mereka rasakan.

Namun bukan berarti bahwa sukses di sosial media mengandalkan kebetulan atau keberuntungan saja. Karena jika kita cermati dengan seksama maka kita akan menemukan bahwa ada kesamaan pola yang dilakukan oleh orang yang sukses tersebut. Hal itu perlu kita analisa dan pelajari agar dapat kita duplikasikan polanya untuk mendapatkan keberhasilan yang kita inginkan.

Satu faktor penting lainnya untuk sukses di sosial media ialah konsistensi dan perencanaan yang baik. Untuk bisa bertahan jangka panjang, Anda perlu konsisten untuk terus menghasilkan konten yang menarik dan bermanfaat.

Di kampus STIEBBANK, kami melatih mahasiswa untuk melek teknologi terutama perkembangan media. Disaat semua orang sudah semakin mudah terhubung dengan internet, maka disana ada peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Saat ini sebagian mahasiswa STIEBBANK banyak yang memulai bisnis dengan platform online khususnya sosial media.

Sehingga bagi Anda yang saat ini masih bingung ingin mempunyai penghasilan atau bisnis apa? Mulailah dari yang bisa kita lakukan meskipun menurut kita itu sederhana. Manfaatkan sosial media karena mungkin saja, Anda adalah calon orang kaya berikutnya dari sosial media.

Salam Hebat.