Pentingnya Integritas Dalam Bisnis

Pentingnya Integritas Dalam Bisnis

30 April 2015

Belum lama, dalam sebuah pertemuan APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta) wilayah Kopertis V di Kantor Bupati Gunungkidul, Bupati Pacitan, Jawa Timur, bercerita tentang perjalanan hidupnya.

Bupati Ishartato bertutur, “Bapak Ibu, saya tidak pernah bermimpi bisa menjadi Bupati Pacitan. Sebelumnya saya mengabdi sebagai PNS di Pemda Pacitan selama 35 tahun. Awal karir PNS saya dimulai sebagai sopir bupati.” Sampai suatu ketika sebuah partai melamarnya untuk dicalonkan menjadi bupati.

Nah, mari kita bahas, kira-kira apa ya yang menyebabkan Pak Ishartato sang sopir bupati bisa menjadi bupati? Menurut John C Maxwell, faktor kepemimpinan yang paling penting adalah integritas.

Tentang bagaimana Pak Ishartato bisa didukung penuh oleh masyarakatnya adalah seperti yang juga dikatakan oleh Dwight Eisenhower, “Supaya bisa menjadi pemimpin, seseorang harus mempunyai pengikut. Untuk mempunyai pengikut, seseorang harus punya keyakinan diri dan memiliki integritas dan tujuan yang luhur. Tanpa Integritas tidak mungkin ada sukses yang sesungguhnya. Ajaran dan tindakannya harus sesuai. Sekali ketahuan yang dilakukannya tidak sesuai atau palsu, maka pemimpin itu akan gagal.” Pak Ishartato mempunyai integritas tinggi dan rekam jejaknya sudah terbukti selama 35 tahun mengabdi sebagai PNS , berproses dari sopir bupati dan tetap mengedepankan kerja keras, jiwa pengabdian, selalu rendah hati, mau belajar hal yang baru, dan sekali lagi yang paling penting adalah memiliki integritas.

Seperti halnya dalam berbisnis, sebagai pemimpin di perusahaan , berapapun skala bisnis kita harus tetap mengutamakan integritas. Menjadi pengusaha adalah berproses, dari apa yang bisa kita lakukan dengan modal yang kita miliki, ditambah dengan ketekunan, kerja keras dan jujur. Ingat, sebagai pimpinan di perusahaan, apa yang kita lakukan akan selalu diamati dan diikuti oleh karyawan kita.

Bagi yang mau menjadi pemimpin bisnis di masa depan, mulailah menjadi waiter di cafe sekarang sehingga suatu hari anda akan menjadi pemilik cafe yang cozy. Semangatlah menanam jahe di lahan orang sehingga suatu hari anda akan menjadi pengusaha jahe beromzet milyaran. Giatlah menjadi kuli bangunan sekarang sehingga suatu hari anda akan menjadi pengusaha properti yang sukses… Apa pun yang ada lakukan sekarang, jalani dengan penuh syukur, bersemangat, dan utamakan integritas.

Oleh F Sisca Diwati

Pebisnis, Dosen STIEBBANK