Learning Makes Earning

Learning Makes Earning

29 April 2015

Dalam sebuah pelatihan klinik bisnis, Bapak Putu Putrayasa sebagai trainer mengatakan, “Learning makes earning.” Artinya belajar atau menaikan pengetahuan akan menghasilkan pendapatan, apa pun jenis usaha yang akan dijalankan semua ada ilmunya. Perkataan dalam pelatihan tersebut mengingatkan saya pada sebuah kejadian beberapa minggu yang lalu di depan K-Link Tower Jakarta.

Saya bercakap-cakap dengan seorang penjual bakso. “Aslinya dari daerah mana pak?” saya memulai pembicaraan dengan penjual bakso. “Wonogiri Jawa Tengah, Mas,” penjual bakso berkata dengan logat bahasa Jawa seolah ketemu saudaranya yang dari Jawa juga. Secara psikologis orang akan menjadi saudara mendadak saat bertemu di daerah perantauan. “Wah sama, saya juga dari Jogja, Pak,” saya berkata seolah bertemu saudaranya juga.

“Sejak kapan jualan bakso di Jakarta?” saya bertanya agak berteriak karena suara bising ramainya kendaraan khas kota Jakarta. “Dari tahun 2008 Mas. Sebelumnya jualan di Bandung,” penjual bakso menjelaskan. “Sebelum di Bandung jualan di mana?” saya bertanya sambil menikmati panasnya semangkok bakso pesanan yang sudah berada di tangan saya . “Di Solo Mas, dan terakhir ini di Jakarta,” penjual bakso menjelaskan.

“Wah gerobak baksonya ikut jalan-jalan pindah kota terus ya, Pak?” saya bertanya santai sambil penasaran. “Ha… ha… ha…, tidak Mas! Yang penting ilmu membuat bakso sudah ada di kepala, di mana pun saya berada bisa membuka usaha bakso,” penjual bakso memberikan pengalaman hidupnya. “Mempersiapkan gerobak, belanja daging, mie, bumbu-bumbu, dan membuat bakso dapat dilakukan di mana pun saya akan berjualan bakso, Mas!” penjual bakso menjelaskan dengan senang hati sambil duduk bersebelahan dengan saya di kursi panjang sambil menunggu pelanggan berikutnya.

Dari penjual bakso kita dapat memperoleh ide dalam berbisnis. Untuk menjadi seorang pengusaha, semua ada ilmunya, dan ilmu adalah harta yang tidak bisa dicuri. Pastikan Anda menguasai ilmunya, apa pun usaha Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang lain yang bermanfaat. Dengan cara selalu belajar dan melakukan, maka kesuksesan sudah menanti Anda, “Learning makes earning!” 

Susatyo Herlambang, S.E., M.M.

Pengusaha, Penulis Buku, Dosen STIEBBANK