Jurus Sehatkan Bisnis Anda Bernama PIL KODO

Jurus Sehatkan Bisnis Anda Bernama PIL KODO

27 April 2015

 Perusahaan atau bisnis Anda bisa saja selalu berkembang, namun patut dicatat bahwa perkembangan itu tidak terlepas dari PIL KODO. PIL KODO memberikan jalan bagi para pengusaha untuk menyehatkan bisnisnya bahkan mengembangkannya hingga maju pesat. Dalam bahasa Jawa, kodo berarti kukuh hingga tujuan tercapai.

  1. Penjualan

Penjualan adalah poin terpenting dalam pemasaran. Perusahaan perlu menguraikan bagaimana cara menjangkau konsumen dan melakukan penjualan produk. Dengan mengidentifikasi tipe orang, jenis produk yang paling disukai konsumen, keunikan produk, media promosi, dan menjelaskan kebutuhan serta keinginannya maka akan dapat meningkatkan penjualan.

  1. Identitas

Identitas secara sederhana dapat diartikan sebagai sesuatu yang mampu mencitrakan tentang siapa dan apa bisnis Anda. Perusahaan anda harus mempunyai nama, logo, dan alamat yang jelas. Begitu pula dengan nilai-nilai dasar, visi, misi, dan tujuan.

  1. Legalitas

Legalitas merupakan faktor yang sangat penting demi kelangsungan bisnis karena berkaitan dengan masa depan perusahaan. Anda pun akan merasa nyaman kalau berbagai aspek legal telah terpenuhi. Berbagai jenis legalitas yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan perusahaan antara lain adalah KTP, NPWP, AKTA Pendirian, TDP, SIUP, SITU, dan sebagainya.

  1. Keuangan

Pengelolaan keuangan seperti uang masuk (cash in flow), uang keluar (cash out flow), pelaporan, dan sebagainya perlu mendapatkan perhatian khusus. Laporan keuangan akan menunjukkan kondisi finansial terbaru bisnis Anda. Dengan divisi keuangan maka Anda bisa mendesain agar perusahaan memperoleh keuntungan yang tinggi. Selain itu, Anda akan mampu melihat kekayaan perusahaan, posisi kas, hutang, persediaan dan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.

  1. Operasional

Operasional merupakan aktivitas perusahaan yang menunjukkan bagaimana bisnis itu dijalankan. Perhatikan berbagai faktor yang mungkin bisa jadi penghalang dalam kompetisi.

  1. Dokumentasi

Dukumentasi sangat dibutuhkan guna menganalisis kondisi perusahaan, mengajukan dana kepada perbankan, dan sebagainya. Buat dan kelola dokumen perusahaan Anda dengan baik guna kelancaran pengelolaan bisnis Anda.

  1. Organisasi

Organisasi sangat erat hubungannya dengan sumber daya manusia atau tim manajemen.

Penentuan orang-orang yang berperan dalam menjalankan bisnis sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis Anda. Penjabaran struktur kepegawaian yang jelas akan membawa dampak pada operasional yang baik.

SUGIRI, A.Md., S.Pd., M.Eng

Praktisi Business Plan, Ketua STIEBBANK