Konsep Bisnis dan Owner Wajib Seksi & Cantik

Konsep Bisnis dan Owner Wajib Seksi & Cantik

26 April 2015

Adalah kisah seorang Madam Chiam, seorang pemilik resto bakmi di Singapura yang selalu ramai dikunjungi pembeli, dari kalangan anak muda sampai yang tidak muda lagi, dari keluarga sampai komunitas sepak bola. Pokoknya selalu full alias mbludag pelanggannya , sampai kadang harus bersabar antri  menunggu karena kurangnya seats.

Lalu… apa ya yang membuat resto Madam Chiam ini favorit? Ternyata karena madam Chiam ini seksi! Wah… Pasti anda yang lelaki penasaran ya? Seksi seperti apa sih?

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, yang jadi primadona adalah Mie Gepeng Pedas, mie-nya dibuat sendiri dengan tekstur yang lembut namun tidak mudah hancur. Sekilas tidak terlalu beda dengan mie ayam lainnya, tapi jika dirasakan… wow… bikin ketagihan. Pedasnya yang aduhai itulah yang membuat banyak pelanggannya addicted. Tidak heran karena bahan baku cabenya diimpor dari Peru, Amerika Selatan, yang terkenal pedas.

Madam Chiam tahu benar selera konsumennya. Ia fokus memanjakan konsumennya dengan rasa pedas yang tidak tertandingi. Ia tidak terkecoh ketika pesaing meluncurkan iming-iming lain. Ini seperti tulis Patricia Seybold dalam bukunya The Customer Revolution agar pebisnis jangan pernah melupakan fokus pada konsumen karena terkecoh sibuk memikirkan pesaing. Sebab, yang membeli produk kita bukan pesaing, melainkan pelanggan.

Si seksi Madam Chiam ini tahu benar cara memikat hati pelanggannya, dengan selalu bersikap ramah dan menganggap para pelanggan sebagai bagian dari keluarganya. Dia selalu menyapa, melempar senyum dan gurauannya, menanyakan kabar, menanyakan bagaimana rasa makanannya, sampai dia hapal satu persatu apa pekerjaan, hobi, dan aktivitas para pelanggannya. Madam Chiam selalu berkeliling dari meja ke meja tanpa membeda-bedakan para pelanggannya sehingga membuat mereka merasa nyaman dan kangen untuk kembali ke restonya. Salah satu gadis remaja yang setia makan di resto Madam Chiam berkomentar, “Dia sudah seperti bibi saya.”

Apa yang dilakukan oleh Madam Chiam itulah bisnis yang seksi. Seperti  disampaikan oleh Hermawan Kartajaya pada saat melantik kami sebagai Pengurus IMA Chapter DIY, di masa sekarang harus memiliki appeal, harus seksi, sehingga orang mau melirik bisnis kita. Maka… yukkss, kita mulai berpikir cerdas bagaimana  bisa lebih menghebatkan bisnis kita, bagaimana mendandaninya dan me-make over agar terlihat cantik dan seksi? Seksi seperti Madam Chiam dengan lenggak-lenggoknya yang luwes di antara para pelanggan restonya…

Oleh F Sisca Diwati

Pebisnis & Dosen STIEBBANK