10 Trik Dalam Membeli Aset Properti

10 Trik Dalam Membeli Aset Properti

by 4 April 2015

 Properti, kini jadi bisnis idola kalangan pengusaha, sehingga tidak mengherankan bisnis ini tidak sedikit persaingannya. Namun anehnya, sekalipun banyak pesaing yang bermunculan, namun siapa yang lebih kreatif dalam jurus berbisnis, maka dialah sebagai pemenangnya.

Memang kita akui bahwa masih banyak pilihan membeli aset properti yang kesemuanya, sepintas lalu tampak menguntungkan. Bagi yang memiliki naluri serta ketekunan berdagang, mengelola berjualan di toko, atau bagi mereka yang memiliki jaringan mampu menyewakan properti sebagai tempat berniaga maupun perkantoran, membeli ruko adalah pilihan tepat.

Langsung bisa dimanfaatkan sendiri atau memperoleh uang sewa dari rukonya. Pun bagi yang cerdik membaca arah pertumbuhan dan perkembangan sebuah kawasan baru permukiman, membeli rumah juga pilihan bagus yang menguntungkan. Alasan tingginya nilai sewa rumah maupun pertumbuhan asetnya adalah pertimbangan utama membelinya.

Maka, tidak dapat disangkal jika membeli aset properti dengan selektif dan memperhatikan kriteria asetnya dengan benar, memang merupakan investasi menguntungkan.
Agar dalam prakteknya benar-benar menguntungkan, perlu kiranya pembeli aset properti cermat memperhatikan beberapa aspek dasar dari aset propertinya. Yaitu diantaranya, kualitas, model bangunan, cara bayar dan harganya, aspek legalitas dan yang tidak kalah pentingnya adalah faktor lokasi. Lokasi adalah satu hal yang sangat penting untuk mendukung investasi properti. Semakin strategis letak lokasi properti kita maka kemungkinan kita akan mendapatkan keuntungan juga lebih besar.

Adapun lokasi yang baik yaitu:

(1) Dekat perkantoran. Arena ini sangat disukai karyawan untuk disewa atau dibeli sebagai kantor kerja

(2) Dekat sekolah atau kampus. Wah ini di Yogyakarta khususnya jadi lokasi yang paling favorit dan diincar banyak orang. Jika Anda bisa membeli asset properti di lokasi seperti itu, maka tidak mustahil akan laris jika dijadikan rumah kontrakan atau tempat kos, disamping harga bangunannya yang cenderung naik juga bisa mendapatkan penghasilan rutin per bulan atau per tahun dari penyewaan.

(3) Dekat pasar. Lokasi ini juga cukup menarik karena bisa kita jadikan atau kita bangun toko untuk jual beli kebutuhan sehari-hari, seperti sembako.

(4) Dekat Mall. Lokasi di sekitar Mall juga jadi incaran banyak orang karena adanya Mall tentu akan berdampak bagi wilayah di sekelilingnya. Tanah di lokasi ini bisa untuk membuka toko atau membangun rumah kos untuk disewa para karyawan Mall.

Selain itu lokasi yang idel lainnya yaitu:

(5) Dekat kawasan industry atau pabrik. Lokasi ini juga alternatif kita. Pasalnya, banyak pekerja pabrik atau industry tersebut yang mencari kos di sekitar kawasan ini.

(6) Dekat perumahan. Lokasi ini bagus kalau digunakan untuk tempat jualan sembako dan kebutuhan warga perumahan.

(7) Dekat jalan Tola. Lokasi ini cukup banyak dicari para karyawan maupun pengusaha yang menggunakan kendaraan sendiri sehingga sangat cocok utuk dibangun perumahan atau real estate.

(8) Dekat pusat kota. Biasanya semakin dekat dengan pusat perkotaan maka peningkatan harga tanahnya akan melesat.

(9) Dekat masjid. Ini merupakan wilayah yang sangat disukai masyarakat karena masjid adalah pusat kegiatan pusat kegiatan sehari-hari.

(10) Dekat tempat pariwisata. Percayalah, jika Anda punya tanah yang berlokasi disini maka sangat cocok dipakai menjual pernah-pernik oleh-oleh, untuk penginapan atau ikut-ikutan membuka wahana rekreasi sebagai alternatif untuk pengunjung.