Faktor Penentu Kesuksesan Seseorang Dalam Bisnis

Faktor Penentu Kesuksesan Seseorang Dalam Bisnis

23 March 2015

Banyak orang memulai bisnis hanya dengan modal semangat. Semangat memang modal dasar yang bagus, tetapi itu saja tidak cukup. Orang yang berbisnis hanya dengan modal semangat tanpa didukung modal dasar lainnya tidak akan mampu bertahan lama.

Sebelum memulai bisnis, alangkah hebatnya kalau orang tidak hanya bermodal semangat tetapi juga keyakinan. Keyakinan merupakan faktor terbesar (sekitar 80%) dalam menentukan kesuksesan orang. Sederhana saja caranya:

  1. Bongkar dan hapus keyakinan-keyakinan negatif yang membelenggu penghambat sukses (limiting belief). Keyakinan negatif tercermin dalam pikiran, sikap dan tindakan-tindakan negatif, seperti: bisnis itu sulit, bisnis itu penuh risiko, saya tidak berbakat bisnis, bisnis itu menghalalkan segala cara, dan lain-lain.
  2. Tanamkan keyakinan-keyakinan positif dan memberdayakan (empowering belief) ke dalam diri sampai mendarah daging: tidak ada kata gagal, yang ada adalah belajar dan sukses, kalau orang lain bisa saya juga bisa. Pikiran, sikap, dan tindakan positif akan memberikan hasil positif pula.

Keyakinan yang kita tanamkan ini akan lebih hebat kalau ditulis, dibayangkan dalam bentuk gambar, dilakukan dengan gerakan atraktif dan dilakukan berulang-ulang kapan dan di mana pun. Salah satu indikator bahwa keyakinan kita sudah bulat dan kuat adalah bahwa setiap kita ingat dan membayangkan keyakinan ini maka spirit kita akan terus bertambah kuat dan semakin kuat.

Bila keyakinan sudah kita kokoh barulah kita membangun impian mengenai bisnis yang akan dijalankan. Impian (mimpinya orang sadar, bukan orang tidur) perlu dibangun karena alasan-alasan berikut ini :

  1. Impian itu tanpa batas dan setiap orang berhak untuk melakukannya.
  2. Impian itu gratis (tidak bayar dan tidak kena pajak)
  3. Impian itu bisa terwujud.
  4. Menurut kitab suci, impian adalah doa dan setiap doa akan dikabulkan oleh Tuhan.
  5. Menurut hukum kekekalan energi, impian adalah energi dan akan berubah menjadi bentuk lainnya yaitu terwujudnya impian.
  6. Menurut Hukum Daya Tarik (Law of Attraction), apa saja yang kita pikirkan, ucapkan dan lakukan secara positif akan berbalik kepada diri kita sendiri dalam bentuk yang positif.
  7. Kalau kita membuat impian maka rasio keberhasilan akan lebih besar dibanding tidak ada impian sama sekali.
  8. Impian akan membuat arah dan tujuan kita lebih jelas dan terukur. 

Sungkono

Dosen @STIEBBANK