Mengembangkan Perusahaan Melalui Konsumen

Mengembangkan Perusahaan Melalui Konsumen

23 March 2015 0 comments

Hidup mati perusahaan sangat ditentukan oleh konsumen. Semakin banyak konsumen dimiliki oleh perusahaan semakin banyak pula keuntungan yang mampu diperoleh perusahaan. Lebih dari itu, semakin banyak konsumen merasa puas, dan kembali membeli barang/jasa perusahaan, semakin besar pula potensi keuntungannya.

Tantangannya, dalam era persaingan  usaha yang semakin terbuka dan  ketat sekarang ini, bagaimana cara agar perusahaan mampu memenangi peresaingan sehingga dapat bertahan atau bahkan berkembang? Untuk mencapai itu perusahaan harus bisa memenuhi dan melayani  kebutuhan konsumen. Pemenuhan kebutuhan itu tidak hanya bagaimana barang atau jasa yang dihasilkan mampu memenuhi harapan atau kebutuhan konsumen tetapi juga bagaimana pelayanan purna jual yang diberikan oleh perusahaan bisa diandalkan, terutama untuk barang–barang tahan lama yang memerlukan pemeliharaan.

Kemampuan untuk melayani konsumen ini tidak telepas bagaimana perusahaan bisa mengindentifikasi hal-hal apa saja yang harus ada dalam sebuah barang atau jasa sehingga apabila pelanggan mengonsumsi atau memakai barang atau jasa tersebut merasa kebutuhannya terpenuhi. Setelah perusahaan mampu mengidentifikasi hal apa yang harus ada pada sebuah barang atau jasa, tahap selanjutnya bagaimana meneerjemahkan hal tersebut kedalam desain barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk kemudian diproduksi dan ditawarkan pada konsumen. Inilah hal paling penting yang perlu dilakukan perusahaan supaya barang atau jasa yang dihasilkan senantiasa diminati konsumen dan memberikan kepuasan. Ketika konsumen puas, pada giliran akan melakukan pembelian yang berulang dan terus-menerus.

Dalam perkembangan global yang semakin cepat di segala lini, perilaku konsumen pun bergeser. Tuntutan kepuasan mereka makin spesifik dan personal. Oleh karena itu, perusahaan  dituntut untuk selalu melakukan perbaikan secara terus-menerus sebagai bentuk penyesuaian atas perubahan-perubahan tersebut. Tanpa adanya penyesuaian atau mengikuti perkembangan yang senantiasa berubah, barang atau jasa yang dihasilkan peruahaan lambat laun  akan ditinggalkan. Bangkit, layani dan puaskan pelanggan!

Drs. Muh. Supriyadi, M.M

Dosen @STIEBBANK

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

<