Bijak Mengelola Keuangan

Bijak Mengelola Keuangan

by 13 March 2015

Salam kenal Pak Putu,

Nama saya Meri Octavia, saya wanita berusia 25 tahun status karyawan dan mahasiswa dengan gaji 3.1 juta rupiah. Saya ingin menanyakan bagaimana kisaran kalkulasi yang baik dalam pengelolaan gaji saya supaya ada yang ditabung. Dan apakah bisa dikatakan ideal dengan standard gaji dengan kebutuhan hidup dengan kuliah? Terimakasih

Salam kenal Meri,

Saya menyarankan, pemanfaatan uang dibagi menjadi untuk berbagi atau sedekah, sisihkan 2,5-10% untuk hal ini sesuai keyakinan anda. Saya menyarankan mengalokasilkan ini pertama kali, agar berapa pun penghasilan, anda punya anggaran untuk berbagi. berbagi seperti menabur bibit-bibit rezeki, yang kelak anda akan tuai.

Selanjutnya sisihkan untuk Investasi, jika memungkinkan 10-30% untuk hal ini… Jika sudah cukup, dana ini bisa anda gunakan sebagai modal berbisnis. Investasi juga bisa untuk membeli buku, seminar, training, sertifikasi dll. Investasi pada pendidikan, seringkali memberikan Return yang tinggi. alokasi ini, sekaligus mempersiapkan masa pensiun anda kelak. didalamnya juga bisa anda alokasikan untuk asuransi dan proteksi atas penghasilan anda.

Sisanya boleh anda gunakan untuk biaya hidup, sebisa mungkin prosentase untuk ini, semakin lama semakin kecil. Ketika anda memiliki income yang besar, maka bisa saja, biaya hidup hanya perlu 10-20% saja, sehingga alokasi untuk bisnis dan investasi akan menjadi lebih besar.

Demikian saran saya, semoga bermanfaat.

Salam hebat

Putu